get app
inews
Aa Read Next : Diduga jual Obat Terlarang, Warung di Brebes Diusir Warga

PMK Makin Mengganas, 3 Sapi di Brebes Tepaksa Disembelih

Kamis, 16 Juni 2022 | 16:59 WIB
header img
Wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di Kabupaten Brebes makin mengganas sejak satu sapi terjangkit pada sebulan lalu. Akibat dari PMK yang semakin mengganas, 3 hewan ternak Sapi di Kabupaten Brebes terpaksa disembelih. (Foto: Petra Akbar)

BREBES, iNews.id - Wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di Kabupaten Brebes makin mengganas sejak satu sapi terjangkit pada sebulan lalu. Akibat dari PMK yang semakin mengganas, 3 hewan ternak Sapi di Kabupaten Brebes terpaksa disembelih.

Data dari Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) Kabupaten Brebes per (15/06/2022) pukul 18.00 WIB hewan ternak yang suspek PMK mencapai 828 kasus dan 394 diantaranya dinyatakan sembuh. 

Kepala DPKH Kabupaten Brebes drh Ismu Subroto mengatakan, akibat terjangkit PMK 3 Sapi di Brebes lumpuh setelah dinyatakan sembuh. Kondisi badannyapun semakin mengurus, bersarkan itu kami sarankan peternak untuk menyembelih hewan ternaknya.

Saat ini, kata Ismu, penyebaran PMK di Brebes juga bertambah yang tadinya hanya 13 kecamatan menjadi 14 Kecamatan, artinya menyebar ke 1 kecamatan lain.

"3 sapi tersebut ada di wilayah Kecamatan Bulakamba, Ketangungan, Wanasari," ujarnya saat dikonfirmasi, Kamis (16/06/2022).

Untuk daging dari Sapi tersebut, Ismu mengklaim aman untuk dikonsumsi. Syaratnya yaitu jika mau disimpan dalam lemari pendingin harus dalam keadaan matang bukan daging mentah.

"Selain itu juga, tidak lebih dari 5 jam setelah ternak disembelih wajib langsung diolah untuk kemudian dikonsumsi. Jadi tidak dianjurkan menyimpan daging dalam keadaan mentah dan lebih dari 5 jam," tandasnya.

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Tegal di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut