get app
inews
Aa Read Next : 5 Tipe Janda yang Membuat Pria Klepek-klepek, Nomer 4 Bikin Mabuk Kepayang

Yuk Tengok Kehidupan Kampung Janda, 90 Persen di Isi Wanita dan Berusia 25 Tahun

Minggu, 03 Juli 2022 | 07:35 WIB
header img
Kehidupan di kampung yang memiliki nama asli Kampung Batuah ini sejak beberapa tahun yang lalu mendapatkan julukan barun yakni kampung janda. (Foto: tangkap layar/istimewa)

JAKARTA, iNews.id -Kampung yang memiliki nama asli Kampung Batuah ini sejak beberapa tahun yang lalu mendapatkan julukan barun yakni kampung janda.

Kampung yang ada di Banjarbaru, Kalimantan Selatan ini memang menarik untuk perhatian, pasalnya masyarakat yang menghuni kampung ini 90 persen perempuan dan hidup tanpa memiliki suami.

Dirangkum dari berbagai sumber Minggu (3/7/2022) saat itu Kampung Betuah memiliki 35 kepala keluarga. Sama seperti kampung lain, masyarakat di kampung ini juga melakukan aktivitas ala kadarnya dalam kehidupan sehari-hari. 

Hanya saja selama 10 tahun terakhir, kampung tersebut dipenuhi oleh janda. Tak hanya itu, para janda ini juga memiliki umur yang beragam. Namun, sebagian besarnya berusia 25 ke atas.

Faktor mereka menyandang status janda pun bermacam-macam. Ada yang ditinggal meninggal sang suami hingga karena perceraian.

Sementara itu, sebutan Kampung Janda berawal dari bencana banjir yang melanda kampung tersebut. Kala itu, salah seorang warganya diwawancara oleh media. Dalam wawancara tersebut, diketahui bahwa cukup banyak korban banjir yang berstatus janda. 

Uniknya, mereka memilih untuk hidup mandiri ketika ditinggalkan oleh suaminya. Tidak jarang, sebagian dari mereka juga menjadi tulang punggung keluarga karena memiliki banyak anak.

Di sisi lain, menurut tokoh setempat, dari 37 rumah di RT 03 Kelurahan Kemuning, Kampung Batuah, ada sekitar 26 janda yang menghidupi keluarganya. Artinya, hanya sembilan keluarga yang masih memiliki seorang ayah atau suami. 

Para wanita tangguh ini menyadari bahwa mereka tidak bisa bekerja jauh dari rumah. Maka dari itu, mereka melakukan alternatif dengan bekerja sebagai pembuat oleh-oleh khas untuk wisatawan yang berkunjung ke kampung tersebut.

Produknya pun bermacam-macam. Mulai dari kain khas Banjar, batu mulia, hingga makanan olahan seperti amplang.

BACA JUGA

5 Tipe Janda yang Membuat Pria Klepek-klepek, Nomer 4 Bikin Mabuk Kepayang

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Tegal di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut