get app
inews
Aa
Read Next : Video Kepala BKKBN Bakal Gelontorkan DAK Atasi Stunting

Makam Sunan Amangkurat 1, Wisata Religi yang Tak Kunjung Sepi

Jum'at, 15 Juli 2022 | 09:20 WIB
header img
Makam Sunan Amankurat 1, berlokasi tepatnya di Tegalwangi atau Tegalarum, Desa Pasarean, Kecamatan Adiwerna, Kabupaten Tegal, tak pernah sepi didatangi peziarah. (Foto: Zafran Arshaka)

KABUPATEN Tegal, iNews.id - Makam Sunan Amankurat 1, berlokasi tepatnya di Tegalwangi atau Tegalarum, Desa Pasarean, Kecamatan Adiwerna, Kabupaten Tegal, tak pernah sepi didatangi peziarah. Komplek yang menjadi wisata religi ini selalu ramai dikunjungi Masyarakat yang ingin berdoa kepada putra mahkota dari Sultan Agung Hanyakrakusuma penguasa Kerajaan Mataram Islam ini.

Seorang peziarah, Mawardi (65), Jumat (15/7/2022) berterus terang jika berkunjung ke makam Sunan Amangkurat 1 sekaligus berdoa di dalam makam, berharap mendapat berkah. 

"Anak saya hendak berangkat berlayar lagi ke Spanyol supaya bisa selamat dan tidak kurang suatu apapun dan mendapatkan rezeki yang halal," ujar Mawardi. 

Mawardi dan anaknya yang datang dari Desa Sawojajar, Kecamatan Wanasari, Kabupaten Brebes tersebut juga mengaku kerap mengunjungi untuk berdoa di dalam makam sunan Amangkurat 1.

"saya sering ke sini sekalian nengok cucu saya kan ada yang mondok di Pesantren milik kekuarga juru kunci di sini," tutur Mawardi.

Salah seorang anak juru kunci Makam Amangkurat 1, Irkham, menuturkan jika Makam Sunan Amangkurat 1 itu banyak dikunjungi baik yang hendak berwisata religi atau sekaligus berdoa dalam makam.

"Biasanya yang banyak pengunjungnya kalau hari hari besar Islam," tutur Irkham.

Menurut Irkham, setiap Kabupaten Tegal berulang tahun juga dari pihak pemerintah yakni bupati dan pejabat lainnya mengunjungi makam Sunan Amangkurat 1. 

"Tentu termasuk keturunhan kerabbat keraton dari Yogyakarta adan juga Surakarta sering ke sini," ucap Irkham.

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Tegal di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut