get app
inews
Aa Read Next : Polres Tegal Kota Gelar Vaksinasi Merdeka Anak Usia 6-11 Tahun

Anak Usia 6-12 Tahun di Kota Tegal Mulai Terima Vaksin Covid-19

Rabu, 15 Desember 2021 | 16:19 WIB
header img
Sejumlah anak menjalani vaksinasi yang digelar di Kota Cirebon (Foto: Ist)

TEGAL, iNews.id - Percepatan vaksinasi terus digencarkan di sejumlah daerah, salah satunya di Kota Tegal. Pemkot Tegal rencananya akan melakukan vaksinasi kepada 29 ribu anak usia 6-12 tahun.
 
Pemandangan siswa taman kanak kanak (TK) di Kota Tegal ketakutan saat akan disuntik vaksin Covid-19. Mereka meronta sekuat tenaga begitu dibawa ke ruang vaksinasi. Ada juga yang menangis histeris saat hendak disuntik.

Sementara sejumlah anak lainnya, menyembunyikan muka saat divaksin karena takut. Ribuan anak usia 6-12 tahun ini menjalani vaksinasi di Alun-alun Kota Tegal. Mereka terdiri dari anak usia taman kanak kanak dan sekolah dasar.

Orangtua anak yang divaksin, lis Purwatiningsih mengatakan, anaknya baru menerima vaksinasi Covid-19 dosis pertama. Saat vaksinasi, anaknya tidak merasa ketakutan karena sudah diberi pemahaman olehnya. 

"Ini dosis pertama dan kalau anak saya tidak takut divaksin," katanya. 

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tegal, dr. Sri Prima Indraswari mengatakan, vaksinasi anak usia 6-12 tahun ini menyasar 29 ribu anak di Kota Tegal. Vaksin yang diberikan dosis pertama dan kedua ialah 0,5 mililiter dengan selang waktu 28 hari. 

"Ini hari pertama setelah ada Inmendagri Nomor 66 Tahun 2021. Untuk 10 hari ke depan kami sediakan 1.500 vial per hari," kata dia. 

Menurut rencana, lanjut Prima, vaksinasi massal di Alun-alun Kota Tegal berlangsung selama 10 hari, dengan target 1.500 anak per hari. Sedangkan untuk anak yang belum divaksin di alun-alun, akan dilakukan vaksinasi di masing-masing sekolah.

Menurut dia, selain ada anak yang takut divaksin, banyak di antara mereka pula yang berani saat divaksin tanpa rasa takut. Sebab selain dilakukan di taman alun-alun, mereka juga dihibur sejumlah badut. Sejumlah orangtua mengaku telah menyiapkan mental anaknya sebelum berangkat untuk menerima vaksin.

 

Editor : Miftahudin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut