get app
inews
Aa Read Next : Catat! 1 Juni Mendatang Film Mbutik Karya Sutradara Brebes Rizal Wimba Tayang di CGV Transmart Tegal

Brebes Kembali Terapkan PPKM Mikro Selama Nataru

Kamis, 23 Desember 2021 | 14:09 WIB
header img
Kapolres Brebes, AKBP Faisal Febrianto (foto: Ist)

BREBES, iNews.id - Selama perayaan Natal dan Tahun Baru 2022, Brebes, Jawa Tengah akan menerapkan PPKM Mikro. Kebijakan ini sebagai langkah antisipasi penyebaran Covid-19 terutama varian Omicron saat mudik Nataru.

Kapolres Brebes, AKBP Faisal Febrianto menyampaikan, kebijakan penerapan PPKM Mikro akan diberlalukan di semua desa. Nantinya penerapan itu akan dipantau dan diawasi oleh petugas baik Babinsa maupun Babinkamtibmas di masing masing desa.

"Kami bersama pemerintah, sesuai dengan instruksi Mendagri kemudian dari Gubernur sama Bupati, akan memberlakukan kembali PPKM Mikro," ungkap Kapolres Brebes, Kamis (23/12/2021). 

Dalam penerapannya, lanjut Kapolres, setiap pemudik akan didata mulai dari level kecamatan sampai desa. Para pemudik yang datang akan diperiksa dengan tes swab untuk memastikan ada tidaknya virus corona.

Bila pemudik kedapatan positif, akan langsung dikarantina di masing masing desa. Sedangkan mereka yang negatif akan ditandai sebagai pemudik. Bentuknya berupa stiker yang akan ditempel, di masing- masing rumah pemudik tersebut.

"Jadi setiap pemudik akan didatakan dari level kecamatan sampai ke desa. Jadi kita data, kita lakukan pengecekan swab, bila positif akan kita lakukan karantina di tiap tiap desa. Apabila negatif akan diberikan stiker di rumahnya (sebagai tanda pemudik)," beber AKBP Faisal Febrianto.

Kemudian saat akan balik ke perantauan, pemudik ini akan diperiksa ulang. Tujuannya untuk memastikan pemudik ini dalam kondisi sehat dan tidak membawa virus saat akan balik ke perantauan.

"Apabila mau kembali (balik) juga akan dilakukan pengecekan ulang," imbuhya.

Sementara, selama arus mudik Nataru, Polres Brebes juga menyiapkan pos pengamanan di tiap tiap pintu masuk Jawa Tengah yang ada di wilayah Brebes. Masing masing di Desa Bojongsari, Tol Gate Pejagan dan Jalur Pantura.

Di pos pos ini, disediakan gerai gerai vaksin bagi para pemudik yang akan masuk Jawa Tengah. Untuk pintu masuk akan disiapkan pos pengamanan dan akan dilakukan pengecekan secara random bagi yang sudah vaksin mapun belum.

"Bagi yang belum vaksin akan disiapkan gerai vaksin di pintu pintu masuk Jawa Tengah," tandasnya.

 

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Tegal di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut