get app
inews
Aa Read Next : Video Kursus Mahir Dasar Pramuka di PGSD Unnes

Di Kampus PGSD Unnes Kota Tegal, Kakak Jumadi Membuka Kursus Mahir Dasar Kepramukaan

Jum'at, 07 Januari 2022 | 10:17 WIB
header img
Kursus Mahir Dasar (KMD) Pramuka Kwartir Cabang Kota Tegal (Foto: Ist)

TEGAL, iNews.id - Ketua Pramuka Kwartir Cabang Kota Tegal Jawa Tengah, HM. Jumadi membuka Kursus Mahir Dasar yang akan bakal selama 6 hari dari tanggal 6–11 Januari 2022. Acara digelar 

di Kampus Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Unnes UPP Tegal Jalan Kolonel Sugiono, Kota Tegal, pada Kamis (6/1/2022) sore. l

Kursus Mahir Dasar (KMD) Pramuka Kwartir Cabang Kota Tegal yang bertujuan memberi bekal keterampilan praktis bagi Calon Pembna Pramuka dalam Satuan Pramuka iyang diikuti 145 peserta, diantaranya 144 mahasiswa Unnes dan 1 orang dari unsur luar.

"Para mahasiswa yang mengikuti kursus mahir dasar merupakan calon-calon guru yang setelah mengikuti kursus diharapkan mampu berkontribusi dimanapun mereka mengajar," ujar Kakak Jumadi.

Kakak Jumadi yang juga wakil Walikota Tegal itu, menyampaika jika nantinya mereka mengajar atau memberikan motivasi-motivasi kepada pramuka-pramuka Siaga, Penggalang, Penegak dan seterusnya. 

"Mereka merupakan calon guru dan setelah kita beri kursus nantinya sudah siap mengajar," terang Kakak jumadi. Menurut Kakak Jumadi kegiatan Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar (KMD) Kwartir Cabang Kota Tegal merupakan kegiatan pertama se-Jawa Tengah yang mengawali pada tahun 2022.

"Kebetulan sekali ini yang pertama di tahun 2022 kita mulai dengan para mahasiswa dan kursus dilakukan selama enam hari. Mereka digembleng untuk kursus tingkat mahir dasar kepramukaan oleh kwartir cabang Kota Tegal," jelasnya.

Sekretaris Pramuka Kwartir Cabang Kota Tegal Agung Santiaji, menyebut jika materi yang diajarkan diantaranya, materi umum tentang fundamenal gerakan Pramuka mengikuti sejarah dan tujuan gerakan Pramuka sesuai anggaran dasar rumah tangga.

"Untuk materi kursusnya telntang bagaimana teknik membina, memberi pelajaran untuk peserta didik, siaga, penggalang dan penegak," papar Agung. 

Menurut Agung kegiatan yang dilaksanakan selain materi kursus yang dilakukan in door, juga ketrampilan praktis serta kegiatan perkemahan dan kegiatan manajemen out door game.

"Sumber pembiayaannya digalang dari kontribusi atau fee peserta tersebut dengan para pelatih dari anggota Korp Pelatih Kwarcab Kota Tegal yang sudah bersertifikat KPD maupun KPL," pungkas Agung.

Editor : Miftahudin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut