get app
inews
Aa Read Next : Calon Independen Pilwalkot Tegal, Minimal Kantongi 21.280 KTP

6.060 Konsumen di Kota Tegal Terdaftar Subsidi Tepat LPG Kg

Jum'at, 28 Juli 2023 | 01:15 WIB
header img
Pangkalan gas elpiji 3 Kg Jalan Teuku Umar, Debong Tengah, Tegal Selatan, Kota Tegal. (Foto: Nino/iNewsTegal.id)

KOTA TEGAL, iNews.id - Sebanyak 6.060 kosumen di Kota Tegal, Jawa Tengah telah terdaftar pada program Subsidi Tepat LPG (liquefied petroleum gas) 3 Kg.

"Jumlah konsumen di Kota Tegal yang telah terdaftar di Subsidi Tepat sebanyak 6.060 konsumen. Untuk jumlah pendaftar secara keseluruhan di wilayah Jawa Tengah saat ini sudah mencapai 1.138.770 konsumen,” kata Wilayah Tegal Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Tengah, Taufik saat meninjau beberapa Pangkalan gas di Kota Tegal, Kamis (27/7/2023).

Taufik menjelaskan, ada 238 pangkalan LPG 3 kg di Kota Tegal siap mengimplementasikan Program Subsidi Tepat LPG 3 Kg. Jumlah transaksi yang telah terdaftar di website Subsidi Tepat di wilayah Tegal kini sudah mencapai 64.648 transaksi di 238 pangkalan yang berada di Kota Tegal.

"Seluruhnya telah tervalidasi di website subsidi tepat sehingga siap mengimplementasikan pencatatan pembelian LPG 3 Kg menggunakan microsite tersebut," ujar Taufik.

Untuk pendaftaran program terebut masih terus berlangsung. Bagi yang sudah terdaftar di data Pensasaran Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem (P3KE), bisa langsung bertransaksi. Bagi yang belum terdaftar, maka akan dibantu oleh pangkalan LPG 3 kg untuk mendaftar dengan Nomor Induk Kependudukan (NIK) Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK), dan pendaftaran hanya perlu dilakukan sekali.

"Sistem telah tersinkronisasi dengan baik dan petugas pangkalan dapat membantu proses pendataan konsumen menggunakan akun pangkalan, sehingga tak butuh waktu lama untuk melakukan pendaftaran Program Subsidi Tepat ini," ucapnya.

Terpisah, Area Manager Communication, Relation, & Corporate Social Responsibility (CSR) Regional Jawa Bagian Tengah PT Pertamina Patra Niaga, Brasto Galih Nugroho menambahkan, pihaknya mencatat hingga saat ini transaksi pembelian LPG yang tercatat pada microsite Pangkalan untuk program Subsidi Tepat di Kota Tegal telah mencapai 64.648 transaksi.

Melalui sistem digitalisasi, pihaknya dapat merekam semua transaksi LPG subsidi. “Dengan capaian angka 100 persen pangkalan di Kota Tegal telah teregistrasi dan siap mendukung Program Subsidi LPG 3 Kg Tepat Sasaran,” ungkap Brasto.

Sebagai informasi, kata Brasto, Kota Tegal telah mengimplementasikan program ini sejak tanggal 1 April 2023 lalu. Ia juga apresiasi kepada media yang turut andil dalam memberikan edukasi kepada masyarakat terkait penggunaan LPG Subsidi. "Dengan dukungan media, kami bisa menyampaikan pentingnya menggunakan LPG Subsidi dengan bijak kepada masyarakat," kata Brasto.

Pertamina Patra Niaga juga terus berupaya meningkatkan pelayanan untuk masyarakat, satu diantaranya melalui program digitalisasi Pangkalan. Dengan adanya program digitalisasi Pangkalan, maka Pertamina Patra Niaga dapat memantau stok LPG, penjualan LPG dan transaksi.

"Bagi konsumen yang tidak termasuk dalam kategori yang berhak membeli LPG Subsidi, agar menggunakan LPG Non Subsidi yaitu Bright Gas Series dengan begitu kita bisa sama-sama menjaga subsidi bagi mereka yang berhak," jelasnya.

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Tegal di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut