get app
inews
Aa Read Next : Calon Independen Pilwalkot Tegal, Minimal Kantongi 21.280 KTP

17 UMKM Ikuti Penutupan Pekan Qris Nasional 2023

Minggu, 20 Agustus 2023 | 23:51 WIB
header img
UMKM binaan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Tegal, menyediakan QRIS sebagai opsi pembayaran. (Foto: Nino/iNewsTegal.id)

KOTA TEGAL, iNews.id - Sebanyak 17 UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) mengikuti puncak acara penutupan Pekan Qris Nasional (PQN) 2023 digelar di Rita Super Mall, Kota Tegal, Minggu, (20/8/2023) malam.

17 UMKM binaan Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) Tegal, semuanya menyediakan QRIS sebagai opsi pembayaran.

Hadir Pejabat Setingkat Deputi Direktur Kantor Perwakilan BI Tegal, Marwadi, pimpinan OJK, perangkat pemerintah daerah, pimpinan perbankan, dan masyarakat.

Pejabat Setingkat Deputi Direktur Kantor Perwakilan BI Tegal, Marwadi mengatakan, Saat ini jumlah merchant QRIS di wilayah eks-Keresidenan Pekalongan sudah mencapai 355 ribu merchant QRIS, meningkat sebesar 63 persen (yoy). Volume transaksi QRIS pada bulan Juni 2023 mencapai Rp 652 ribu transaksi, meningkat 23 persen (ytd). Dari segi pengguna, jumlah pengguna baru QRIS di Jawa Tengah sudah mencapai 4,1 juta pengguna baru atau meningkat 120 persen (yoy).

“Bank Indonesia bersama Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI) terus melakukan inovasi fitur-fitur QRIS. Pada 17 Agustus 2023, bertepatan dengan HUT RI ke-78 lalu, Bank Indonesia kembali meluncurkan fitur baru QRIS, yakni QRIS TUNTAS (Tarik Tunai, Transfer, dan Setor Tunai)," ujar Mawardi.

Fitur QRIS TUNTAS memungkinkan penggunanya untuk dapat melakukan transfer dana antar pengguna QRIS, serta tarik tunai dan setor tunai di Anjungan Tunai Mandiri (ATM), atau agen QRIS TUNTAS. Layanan QRIS TUNTAS sendiri akan mulai dapat dimanfaatkan oleh masyarakat pada 1 September 2023 mendatang.

"Bank Indonesia berkomitmen untuk terus bersinergi dengan pemerintah dan seluruh pemangku kepentingan untuk memperluas akseptasi QRIS," ungkap Panwardi.

Kegiatan PQN 2023 diharapkan dapat menjadi pemantik bagi masyarakat untuk semakin terbiasa menggunakan QRIS untuk bertransaksi. Bank Indonesia akan terus lakukan sosialisasi-edukasi QRIS untuk meningkatkan akseptasi digital di masyarakat yang akhirnya dapat mendorong perekonomian digital di Indonesia.

Sebelumnya Kantor Perwakilan Bank Indonesia Tegal juga turut memeriahkan perhelatan PQN 2023. Dimulai dari pelaksanaan sosialisasi-edukasi dan show case QRIS pada Brebes Expo 2023 (14-16 Agustus 2023), scan QRIS experience kepada pegawai pabrik di Kota Tegal (16 Agustus 2023), sosialisasi-edukasi kepada komunitas sepeda, aparat penegak hukum (Satbrimob), guru, siswa siswi SMA, pondok pesantren, mahasiswa, dan tentunya masyarakat umum (17-19 Agustus 2023) di Kabupaten Tegal dan Kota Pekalongan.

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Tegal di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut