get app
inews
Aa Read Next : KPU Kota Tegal Buka Lowongan Petugas PPK Pilkada 2024

20 Tim Sepak Bola Ikuti Kompetisi Youth Championship PSSI Kota Tegal

Senin, 11 Desember 2023 | 19:57 WIB
header img
Kompetisi Youth Championship PSSI Kota Tegal berlangsung di Stadion Yos Sudarso. (Foto: dok/iNewsTegal.id)

KOTA TEGAL, iNews.id - Sebanyak 20 tim sepak bola kelompok umur 10 tahun (U-10) dan 12 tahun (U-12), mengikuti kompetisi Youth Championship PSSI Kota Tegal di Stadion Yos Sudarso, Senin (11/12/2023).

Ketua Asosiasi Kota (Askot) PSSI Tegal, Desty M Loui mengatakan, 20 tim memperebutkan juara dalam pertandingan selama dua hari, mulai Senin (11/12) dan Selasa (12/12/2023).

"Sesuai dengan komitmen kami, semoga acara ini dapat bergulir setiap tahun untuk memunculkan bakat sepak bola muda," kata Desty M Loui, disela pembukaan.

Desty M Loui yang akrab disapa Dede Loui berharap kompetisi tersebut tidak sekadar pertandingan biasa, melainkan menjadi momentum masing-masing tim untuk menunjukkan bakat sepak bola muda.

"Kompetisi kelompok umur tersebut, merupakan salah satu upaya Askot PSSI Tegal, dalam pembinaan sepak bola usia dini," terangnya.

Youth Championship, sebagai pencetak bibit muda atlet sepak bola yang nantinya bisa berkiprah di kompetisi tingkat lokal, regional hingga nasional. "Kota Tegal memiliki potensi dan perlu kita dukung bersama-sama. Tidak hanya PSSI saja, melainkan seluruh elemen bisa ikut terlibat, sehingga generasi penerus kita ini mampu unjuk prestasi di kancah nasional," tuturnya.

Ketua Panitia Pelaksana Youth Championship, Dyfa Erwinsyah Putra menambahkan, pendaftaran dibuka sejak 20 November hingga 7 Desember 2023 yang dilanjut dengan manajer meeting dan skrining pemain.

Hal itu dilakukan, untuk menghindari praktik curang yang kerap ditemui pada kompetisi kelompok umur. Salah satunya adalah manipulasi data pemain. "Alhamdulillah ada 20 tim yang ikut, terdiri dari delapan tim U-10 dan 12 tim U-12. Timnya hampir merata dari berbagai daerah, meliputi Kota Tegal, Kabupaten Tegal dan Brebes," bebernya.

Erwinsyah juga berharap, kompetisi Youth Championship dapat membangkitkan semangat dan nguri-uri sepak bola di Kota Tegal. "Semoga Tahun 2024 mendatang Sekolah Sepak Bola (SSB) dan sekolah dasar atau sederajat bisa ikut," harapnya.

Erwinsyah juga mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Tegal, melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) serta Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar).

Terpisah Kepala Disporapar Kota Tegal, Dr Drs Irkar Yuswan Apendi MM menyampaikan apresiasi kegiatan tersebut. "Disporapar sangat meapresiasi Kejuaraan U10 dan U22 yang digelar oleh PSSI Kota Tegal. Hal ini sebagai upaya membina bibit-bibit muda pesepakbola di Kota Tegal agar dapat tumbuh dan bangkit kembali," kata Irkar.

Irkar berharap kompetisi tersebut dapat memacu dan memicu semangat masyarakat dari cabang olah raga sepak bola. "Bibit-bibit yang dihasilkan tentu harus dilakukan upaya pembinaan melalui banyaknya event dan turnamen sepak bola," tutup Irkar.

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Tegal di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut