get app
inews
Aa Read Next : Begini Respons Kapolres Tegal Kota soal Perjudian dan Warung Aceh

Dadang Somantri Resmi Jabat Pj Wali Kota Tegal

Selasa, 26 Maret 2024 | 00:10 WIB
header img
Pj. Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana menyalami Pj Wali Kota Tegal Dadang Somantri disaksikan Wali Kota Tegal dan Wakil Wali Kota Tegal sebelumnya. (Foto: Istimewa).

KOTA TEGAL. iNews.id - Dadang Somantri, ATD. M.T., resmi menjabat sebagai Penjabat (Pj) Wali Kota Tegal, Jawa Tengah.

Dadang Somantri dilantik oleh Pj. Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana di Gedung Gradhika Bhakti Praja, Komplek Gubernuran Jawa Tengah, Kota Semarang, Senin (25/3/2024).

Dadang menggantikan Wali Kota sebelumnya periode 2019-2024, Dedy Yon Supriyono yang habis masa jabatannya pada Sabtu (23/3/2024) lalu. Dadang dilantik berdasarkan Surat Keputusan (SK) Menteri Dalam Negeri Nomor 100.2.1.3-641 Tahun 2024 tentang Pengangkatan Penjabat Wali Kota Tegal, Provinsi Jawa Tengah.

Sebelumnya ayah dari dua putra dan satu putri itu menjabat sebagai Kepala Biro Organisasi Setda Pemerintah Provinsi Jawa Tengah sejak 01 September 2023. Beberapa jabatan sempat diemban pria kelahiran Bandung Tahun 1965, diantaranya Kepala Biro Perekonomian Setda Provinsi Jawa Tengah, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, dan Kepala Biro Infrastruktur dan Sumber Daya Alam Pemerintah Provinsi Jawa Tengah.

Dalam kesempatan itu Pj. Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Jawa Tengah, Shinta Nana Sudjana juga melantik Dwi Karyanti Dadang Somantri sebagai Penjabat Ketua Tim Penggerak PKK Kota Tegal menggantikan Ketua Tim Penggerak PKK Kota Tegal masa bhakti 2019-2024, Roro Kusnabilla Erfa Dedy Yon.

Pj. Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana usai melantik Dadang Somantri menyampaikan ucapan terima kasih kepada Wali Kota dan Wakil Wali Kota Lama periode 2019-2024, Dedy Yon Supriyono dan Jumadi, serta Ketua Tim Penggerak PKK periode 2019-2024 yang telah melaksanakan tugas dengan baik, dan berhasil meraih berbagai penghargaan.

Kepada Pj. Wali Kota Tegal dan Pj. Ketua Tim Penggerak PKK Kota Tegal yang baru dilantik, Pj. Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana menyampaikan ucapan selamat dan berpesan agar melaksanakan amanah ini dengan menjunjung tinggi tanggung jawab, kejujuran, serta integritas.

Nana berharap Pj. Wali Kota dapat membangun kepercayaan masyarakat, menciptakan pemerintahan yang bersih dan akuntabel, dalam upaya menyejahterakan masyarakat. “Selamat bertugas, kepada Bapak Dadang Somantri, ATD, MT., yang hari ini dilantik sebagai Pj. Walikota Tegal serta kepada Ibu Dwi Karyanti sebagai Penjabat Ketua Tim Penggerak PKK Kota Tegal. Laksanakan amanah ini dengan menjunjung tinggi tanggung jawab, kejujuran, serta integritas. Bangun kepercayaan masyarakat, ciptakan pemerintahan yang bersih dan akuntabel, dalam upaya menyejahterakan masyarakat," ujar Nana Sudjana.

Sementara itu, Pj. Wali Kota Tegal yang baru dilantik, Dadang Somantri menyampaikan setelah dilantik sebagai Pj. Wali Kota Tegal pihaknya mohon dukungan dan doa restu dari seluruh masyarakat Kota Tegal agar dapat bersama-sama membangun Kota Tegal mewujudkan apa yang sudah digariskan di dalam visi misi Kota Tegal.

"Saya akan meneruskan sebagai mana apa yang diamanatkan oleh Pj. Gubernur, dimana Kota Tegal sebenarnya secara statistik hampir semuanya dalam posisi sangat bagus, kecuali yang inflasi PR-nya. Tinggal sedikit angka kemiskinan ekstrim 0,22 ini yang akan sama-sama, karena kita akan menghadapi masa lebaran yang biasanya harga-harga pada saat itu pada umumnya naik," Ujar Dadang Somantri.

Untuk itu Pj. Wali Kota Tegal menghimbau kepada masyarakat untuk tidak berbelanja berlebihan untuk kegiatan lebaran, karena biasanya hukum ekonomi keseimbangan itu kalau terjadi kebanyakan yang belanja dan tidak mengukur maka pasti harga barang akan jatuhnya akan inflasi.

"Untuk secara umum masyarakat, mari bersama-sama membangun Kota Tegal keguyuban kita bangun, yang sudah terbangun dengan baik kita tingkatkan bersama. Saya Insya Allah akan sowan kepada bapak ibu sekalian meskipun caranya nanti berbeda," ujar Dadang Somantri usai dilantik.

Khusus kepada ASN di Lingkungan Pemerintah Kota Tegal, Dadang menilai lima tahun cukup, kepemimpinan Dedy Yon membangun sinergi kolaborasi kebersamaan. Ia menceritakan sekitar tujuh tahun yang lalu pihaknya datang ke Kota Tegal dengan Sekda Provinsi Jawa Tengah. Pada saat itu, Kota Tegal pada kondisi yang kurang baik, dan dikatakan Dadang, alhamdulillah saat ini sudah dalam kondisi yang baik. Melihat hal tersebut, Ia mengajak seluruh ASN untuk menjaga integritas, tidak usah neko-neko.

Pihaknya ditugaskan di Kota Tegal untuk menjaga harmonisasi yang sudah terbangun jangan lagi ada syak wasangka kepada yang lain. Ia menjamin bahwa pihaknya tidak punya kepentingan politik dan tidak punya kepentingan pribadi. Ia hadir di Kota Tegal untuk ikut membangun Kota Tegal. Maka kerja sama, kolaborasi dengan seluruh ASN yang ada di Kota Tegal, harus dibangun harus diperbaiki terus.

"Sekarang sudah baik, kita perbaiki terus, pola komunikasi, tidak usah lagi berpikir macam-macam, laksanakan saja pekerjaan yang menjadi tanggung jawabnya. Insya Allah Kota Tegal akan menjadi lebih baik," pungkas Pj.

Wali Kota Tegal. Terkait pelantikan Pj. Ketua Tim Penggerak PKK Kota Tegal, berdasarkan Surat Keputusan (SK) Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Jawa Tengah Nomor : 09/KEP/PKK.PROV/III/2024 tentang pemberhentian Ketua Tim Penggerak PKK dan Pengangkatan Penjabat Ketua Tim Penggerak PKK Kota Tegal, Provinsi Jawa Tengah.

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Tegal di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut