OJK Gelar Literasi Keuangan Digital Untuk Masyarakat Kabupaten Tegal

KABUPATEN TEGAL, iNewsTegal.id - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menggelar Digital Financial Literacy (Literasi Keuangan Digital) untuk masyarakat Kabupaten Tegal yang berlangsung di Lasnur Convantion Center Slawi, Kamis (7/8/2025).
"Kegiatan ini salahsatu bentuk komitmen kami OJK bersama Komisi XI DPR RI, dan pelaku jasa keuangan BTN memberikan edukasi kepada masyarakat sebagai bentuk perlindungan kepada masyarakat yang paling utama dan pertama," kata Kepala Eksekutif Pengawas Perilaku Pelaku Usaha Jasa Keuangan, Edukasi, dan Perlindungan Konsumen di OJK, Dr Frederica Widyasari Dewi.
Jadi, menurut Frederica yang akrab disapa Kiki semua bentuk perlindungan itu akan percuma kalau masyarakat sendiri tidak membentengi dirinya dengan pengetahuan yang memadai tentang produk jasa keuangan menggunakannya dan memahami mana yang legal, mana yang ilegal supaya mereka terbebas dari berbagai penipuan.
"Disini kita juga mengajak Kepala OJK Tegal, Novianto Utomo kalau ada pertanyaan selepas saya bisa disampaikan ke OJK Tegal bertemu dengan Pak Novi," jelasnya.
Anggota Komisi XI DPR RI, Haris Turino menyampaikan, pada hakekatnya acara dan kegiatan hari ini sangat bermanfaat untuk masyarakat Kabupaten Tegal. Kegiatan dilaksanakan agar masyarakat lebih melek secara keuangan.
Jangan sampai masyarakat Kabupaten Tegal hanya dijadikan sasaran untuk pinjaman-pinjaman yang ilegal, sasaran untuk penipuan dan seterusnya.
"Maka dari itu sudah menjadi kewajiban moral saya selaku wakil dari masyarakat Kabupaten Tegal untuk mengundang OJK yang memang punya perangkat luar biasa didalam mensosialisasikan terkait perlindungan konsumen," terang Haris.
Haris berharap masyarakat Kabupaten Tegal lebih melek sehingga kesejahteraan masyarakat pada gilirannya akan lebih meningkat.
Direktur Operations BTN, I Nyoman Sugiri Yasa menambahkan kegiatan hari ini merupakan terwujud dukungan dan juga upaya dari BTN untuk selalu hadir ditengah-tengah masyarakat untuk memberikan edukasi terakit dengan produk dan jasa keuangan yang legal.
Bank BTN juga terus memberikan layanan keuangan yang aman baik di cabang maupun layanan digital yang saat ini kita memiliki aplikasi. "Jadi masyarakat bisa menggunakan layanan keuangan secara dan aman. Masyarakat bisa mulai datang ke Bank BTN untuk bisa menggunakan produk-produk jasa keuangan Bank BTN," ajaknya.
Sementara Asisten II Sekda Bidang Perekonomian dan Pembangunan Pemerintah Kabupaten Tegal Joko Kurnianto menyampaikan, transformasi disegala aspek kehidupan memang menjadi tantangan tidak bisa dihindari termasuk di layanan keuangan.
"Saya berharap dan yakin tentunya literasi berkenaan dengan literasi digital keuangan ini semakin meningkat. Saya yakin ini menjadi salahsatu kegiatan yang sangat positif dan tentunya untuk kemajuan masyarakat Kabupaten Tegal," terang Joko Kurnianto.
Editor : Miftahudin