get app
inews
Aa Read Next : Catat! 1 Juni Mendatang Film Mbutik Karya Sutradara Brebes Rizal Wimba Tayang di CGV Transmart Tegal

3 Warga Brebes Tewas saat Hendak Ambil Bangkai Kucing

Sabtu, 11 Juni 2022 | 07:50 WIB
header img
Tim Dankar mengevakuasi korban tercebur sumur Dukuh Gadu, Desa Kutamendala Kecamatan Tonjong Brebes. (Foto: istimewa)

BREBES, iNews.id -Warga Dukuh Gadu, Desa Kutamendala Kecamatan Tonjong, Kabupaten Brebes di buat geger oleh tewasnya 3 warganya saat menguras sumur dan hendak mengambil bangkai kucing, Jumat (10/6/2022)

David Romansyah, Koordinator Tim pemadam kebakaran Damkar Pos Bumiayu menyebutkan identitas ketiga korban yakni Wasum (36), Pujianto alias Tris (41) dan Rastum (48). 

Ketiganya bermaksud menguras air sumur milik salah satu korban, Wasum dengan mesin pompa air yang diletakkan ditangga dalam sumur tersebut.

“Wasum dan Tris bisa dievakuasi sama warga dan dilarikan ke puskesmas terdekat, Korban yang terakhir saudara Rastum dievakuasi rescue dari tim damkar,” katanya.

Sedangkan proses evakuasi dilakukan bersama oleh Tim Damkar Pos Bumiayu, Relawan BPPD Brebes, Polsek dan Koramil Tonjong, serta warga sekitar.

Dua korban yang sempat dibawa ke puskesmas terdekat untuk mendapatkan pertolongan pertama akhirnya dilaporkan meninggal dunia. Sehingga ada tiga orang yang meninggal dunia dalam akibat kejadian tersebut.

"Satu orang meninggal dunia di dalam sumur. Dua orang lainnya sempat dibawa ke puskesmas terdekat, sebelum akhirnya dilaporkan meninggal dunia," ujarnya.

Menurut saksi, Heri Kiswanto (34), peristiwa terjadi bermula ketika ketiga korban hendak mengambil bangkai kucing dengan cara menguras sumur menggunakan mesin pompa air. “Mesin dan tangga di dalam sumur” kata Heri.

Heri menjelaskan, sekitar pukul 10.00 WIB, Pujianto kemudian turun ke dalam sumur untuk menyalakan mesin pompa air. Setelah menyalakan mesin, ia kembali naik dan beristirahat bersama rekan-rekannya.

“Lalu, Puji turun lagi untuk matiin mesin, namun saat mau naik, Puji nggak kuat malah jatuh ke dalam sumur,” katanya.

Saat itu dirinya langsung meminta bantuan warga, hingga kemudian Wasum turun ke dalam sumur sendirian bermaksud menolong Pujianto. Saat itu Wasum dapat mengangkat mesin pompa air. Namun, Nahas dirinya tidak dapat naik dan ikut tercebur.

Sementara menurut saksi mata lainnya, Tarono (61) menerangkan jika Rastum yang melihat dua rekannya tercebur di dalam sumur kemudian ikut masuk guna mengevakuasi kedua rekannya, dibantu warga yang bersiaga di samping sumur. Dua korban dapat di evakuasi dan dilarikan ke Puskesmas Kutamendala, Kecamatan Tonjong. 

Sedangkan Rastum usai menolong kedua rekannya, dia berusaha mengikatkan tali dibadannya agar dapat ditarik oleh warga yang telah bersiaga di atasnya. 

Namun nasib buruk, diduga akibat menghirup gas beracun, Rastum pun tak sadarkan diri di dalam sumur. “Rastum pingsan, tali yang dibadannya lama-lama lepas,” ujarnya

Editor : Miftahudin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut