Logo Network
Network

Buka Pintu Klenteng, Tandai Ritual Perayaan Imlek di Tek Hay Kiong Tegal

Luthfan Azka
.
Jum'at, 28 Januari 2022 | 13:44 WIB

TEGAL, iNews.id - Menjelang perayaan Imlek atau Tahun Baru Cina 2573 / 2022 warga Etnis Tionghoa di Kota Tegal menggelar ritual buka pintu Klenteng Tek Hay Kiong, Kamis (27/1/2022). Ritual buka pintu atau Ngo Mui adalah ritual untuk mengundang para dewa agar masuk ke dalam klenteng.

Ritual ini dilakukan dengan membuka pintu sisi kiri dan kanan yang selama ini ditutup. Pembukaan pintu klenteng ini sebagai tanda bahwa warga Etnis Tionghoa siap merayakan Imlek.

Ritual buka pintu di klenteng tertua di pesisir pantai utara Jawa ini merupakan tanda dimulainya perayaan imlek dan sekaligus ritual untuk mengundang para dewa yang ada di luar agar masuk ke dalam klenteng/

"Klenteng Tek Hay Kiong sendiri memiliki arti istana, sehingga klenteng ini memiliki pintu gerbang. Sebagai istana para dewa, maka klenteng ini mengunudang para dewa untuk datang dan merayakan Imlek bersama. Pintu klenteng ini dibuka selama perayaan tahun baru Imlek," kata Tao Su Chen Dao Chang, rohaniawan Klenteng Tek Hay Kiong Tegal.

Setelah pintu dibuka, lanjut dia, sejumlah bendera warna dipasang di depan klenteng untuk mengundang para dewa yang ada di lima penjuru mata angin. Beberapa sesaji juga telah disiapkan di atas altar sebagai jamuan roh leluhur Etnis Tionghoa.

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Tegal di Google News

Bagikan Artikel Ini