Cerita Mantan Agen Koran yang Sukses Ternak Kambing, Omsetnya Lumayan Jelang Idul Adha

Sholahudin
Mieke Aryanti warga desa PanggihKecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto, kini sudah memiliki ratusan ekor kambing yang dipelihara di tiga kandang. (Foto: Dok.iNews.id)

JAKARTA, iNews.id - Berawal dari 3 ekor kambung pada saat memulai usaha di tahun 2017 silam, kini Mieke Aryanti warga desa Panggih, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto, kini sudah memiliki ratusan ekor kambing yang dipelihara di tiga kandang.

Dari usaha kambing inilah mampu meraup keuntungan ratusan juta Rupiah saat Idul Adha seperti sekarang ini. Dari hasil ternak kambing pula mampu menyekolahkan anaknya hingga ke perguruan tinggi negeri.

Sebelumnya Mieke adalah mantan agen koran di Kota Mojokerto yang beralih memelihara kambing dan tinggal di desa.

Memelihara kambing dilakukan usai usaha agen koran di Jalan Majapahit, Kota Mojokerto bangkrut karena saat ini pelanggan koran berkurang drastis seiring perkembangan teknologi digital.

Usaha yang dirintis sejak 2017 lalu dengan menjual rumah di Kelurahan Prajurit Kulon, Kota Mojokerto, bersama suami akhirnya membangun rumah sederhana di Desa Panggih, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto dan membangun kandang kambing di belakang rumahnya.

Hingga akhirnya, ada wakil rakyat yang turun untuk menjaring aspirasi masyarakat di Desa Panggih. Mieke pun akhirnya mengusulkan untuk mengajukan bantuan untuk modal usaha ternak.

“Usul terealisasi dan diwujudkan untuk membeli 30 ekor domba betina dan seekor pejantan,” ujarnya, Senin (27/6/2022).

Mieke kemudian turut mengajak warga di sekitar tempat tinggalnya untuk membentuk kelompok peternak.

Kini, Mieke merawat kurang lebih lima puluh ekor kambing dan domba. Bahkan, sebelum ada wabah penyakit kuku dan mulut, kambing di kandang mencapai seratus ekor.

Tak hanya breeding, saat ini dia juga merambah usaha ternaknya dengan sistem fattening dan penjualan pakan. Rata-rata, hewan ternak dipersiapkan untuk menyuplai kebutuhan Hari Raya Kurban.

Selain itu, dia juga menerima pembelian kambing dan domba untuk kebutuhan lainnya. Setiap ekor dibanderol dari harga Rp2,5 juta hingga Rp8 juta tergantng jenis kambing dan kondisi fisik hewan ternak.

“Selain melayani pembelian di Mojokerto, pembeli juga datang dari Sidoarjo dan Jombang,” ujarnya.

Para pelanggan mengaku senang membeli kambing dari kandang milik Mieke. Pasalnya hewanya dalam kondisi sehat dengan harga terjangkau dan tidak mengecewakan.

BACA JUGA

Biadab, Ibu Muda di Surabaya Bunuh Anak Sendiri, Usai Membunuh Malah Berlibur Ke Jogyakarta

Editor : Miftahudin

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network