4 Cara Mengontrol Gairah Seks saat Puasa Ramadan

Dyah Ratna Meta Novia
Cara mengontrol gairah saat berpuasa ramadan (Foto: Istimewa/Okezone. doc)

JAKARTA, iNews.id -  Berdasarkan salah satu survei Florida State University menunjukkan jika pria dewasa sehat pada umumnya bisa memikirkan hal-hal berbau seks setidaknya sekali dalam satu hari. Namun di saat bulan puasa, sebaiknya Anda tak memikirkan seks di siang hari, sebab jangan sampai puasa Anda batal karena tak mampu menahan gairah. Meskipun gairah seksual adalah respon alami tubuh, namun Anda sebaiknya mengendalikannya dengan baik.

Lalu, bagaimana cara mengontrol gairah saat sedang berpuasa di bulan suci ramadan ini ?

1. Hindari memikirkan hal-hal mesum

Saat berpuasa Anda sebaiknya menghindari hal-hal yang membuat Anda berpikir mesum. Otak mesum sebenarnya berkaitan erat dengan seberapa baik kemampuan Anda untuk mengendalikan emosi.

Semakin Anda mudah tersulut emosi, maka Anda akan semakin mudah terangsang. Orang-orang yang tingkat kecemasannya tinggi juga cenderung mudah terangsang. Ini karena bagian otak yang mengatur gejolak emosi sama seperti bagian otak yang memproses rangsangan seksual, yaitu amigdala.

Salah satu cara mengendalikan gairah seksual Anda adalah menghindari orang yang membuat Anda bergairah, tempat, gambar, pandangan yang memancing gairah. Lalu istigfar jika pikiran mesum muncul di kepala.

 2.  Mengatur pernapasan

Teknik pernapasan dalam bisa menjadi cara yang cukup manjur untuk mengendalikan nafsu seksual selama bulan puasa. Menarik napas dalam-dalam, relaksasi otot, dan meditasi dapat membersihkan pikiran dan menenangkan Anda dalam menghadapi peristiwa pemicu stres.

Emosi negatif bisa mengacaukan sistem saraf simpatik otak, yang bisa berdampak pada kerja penis. Ketika Anda cemas, panik, atau stres, sistem saraf simpatik Anda menjadi hiperaktif. Sebagai respons, otak yang terlalu hiperaktif akhirnya memerintahkan kemaluan untuk cepat-cepat mengeluarkan air mani agar aktivitas otak berkurang. Pasalnya, setelah air mani keluar, tubuh dan otak bisa jadi lebih tenang dan rileks akibat pelepasan hormon.

 3. Bayangkan suasana tenang

Saat Anda dilanda stres atau kecemasan, tutup mata sejenak sambil membayangkan birunya air laut, atau hamparan sawah penuh hijau yang ditemani semilir angin. Atau, pergilah keluar sebentar untuk menghirup udara segar dan melihat yang hijau-hijau di bawah naungan langit biru yang membuat tenang.

4. Sibukkan diri dengan pekerjaan atau hobi

Saat siang hari, daripada mikir jorok tentang kekasih, dan hal-hal berbau erotis, sibukkan diri dengan pekerjaan atau hobi Anda.

Kalau pikiran Anda sudah sibuk dengan pekerjaan dan hobi, maka gairah akan menurun.

Editor : Miftahudin

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network