get app
inews
Aa Read Next : Begini Keseruan Natal di Luar Angkasa

Di Mars ada Batu Aneh Mirip Kepala Ular, Sempat Diabadikan Robot Penjelajah

Rabu, 15 Juni 2022 | 11:25 WIB
header img
Robot Penjelajah Mars Abadikan Formasi Batu Aneh Foto: NASA/JPL-Caltech/ASU

JAKARTA, iNews.id - Penjelajah NASA Perseverance mengambil foto yang bisa disalahartikan sebagai gambar diam dari film Indiana Jones.

Di sebelah kiri tablo, gambar besar bertengger di atas lempengan batu abu-abu. Di tengah kanan, formasi yang sangat mirip dengan kepala ular bermulut terbuka terlihat.

Tim Perseverance tidak diragukan lagi bersemangat tentang landskap Mars ini, dan untuk alasan yang tidak terlalu fantastis.

Butte berlapis terlihat seperti bagian dari delta sungai kuno yang pernah ada di dalam kawah Jezero selesar 28 mil, tempat robot roda enam dan pendamping kecilnya, helikopter Ingenuity mendarat pada Februari 2021.

Perseverance memiliki dua tugas misi utama yakni mencari tanda-tanda kehidupan Mars masa lalu jika pernah ada, dan mengumpulkan serta menyimpan lusinan sampel untuk kembali ke Bumi di masa depan.

Menurut tim Perseverance, delta kuno Jezero adalah tempat terbaik bagi rover untuk melakukan pekerjaan seperti ini.

Ingenuity telah membantu Perseverance menjelajahi dasar kawah, mencari rute dan mencoba menemukan target sains yang menarik untuk rover, sebagaimana dikutip dari Space.

Helikopter telah melakukan pekerjaan pengintaian seperti itu sejak menjalankan misi utamanya, kampanye awal 30 hari, lima penerbangan yang dirancang untuk menunjukkan penerbangan bertenaga dimungkinkan di Mars.

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Tegal di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut