Logo Network
Network

Begini Keseruan Natal di Luar Angkasa

Dini Listiyani
.
Sabtu, 25 Desember 2021 | 19:31 WIB
Begini Keseruan Natal di Luar Angkasa
Natal di Luar Angkasa, Begini Cara Astronot Merayakannya (Foto: Istimewa)

SAN FRANCISCO, iNews.id - Perayaan Natal tetap berlangsung seru walaupun berada di sebuah kendaraan kargo SpaceX tiba di International Space Station (ISS) dengan membawa suguhan liburan dan eksperimen sains. Laboratorium yang mengorbit Bumi menampung tujuh kru sepanjang musim liburan.  Awak ISS mencakup kosmonot Rusia Anton Shkaplerov dan Pyotr Dubrov; Astronot NASA Raja Chari, Dr. Thomas Marshburn, Kayla Barron dan Mark Vande Hei; dan astronot Badan Antariksa Eropa Matthias Maurer.

"Meskipun kami akan berada di sini tahun ini, kami memiliki keluarga luar angkasa kami. Saya pikir kami akan menciptakan beberapa tradisi kami sendiri, dan kami akan dapat berbicara dengan keluarga kami di lapangan. Saya pikir saya akan memastikan saya menelepon keluarga saya untuk memberi tahu mereka betapa aku memikirkan mereka, betapa aku mencintai mereka dan betapa aku tidak sabar untuk melihat mereka ketika aku pulang," kata Barron dalam video liburan khusus yang dibagikan oleh NASA.  Maurer bercanda kru akan dapat merayakan Natal bersama sebanyak 16 kali saat stasiun luar angkasa mengorbit Bumi. "Ada keluarga baru di luar angkasa, jadi menghabiskan Natal bersama keluarga adalah hal yang saya nantikan," kata Chari.

Biasanya, seluruh kru akan berkumpul untuk makan khusus dan menelepon ke rumah untuk berbicara dengan teman, keluarga, dan orang-orang terkasih. Mereka juga akan merayakan tahun baru bersama. "Kami memiliki hak istimewa untuk memiliki perspektif melihat begitu banyak negara, kami dapat pergi dari satu sisi ke sisi lain hanya dalam beberapa menit," kata Marshburn. 

Kita bisa melihat matahari terbit berkali-kali dalam sehari, jadi memikirkan fakta bahwa orang-orang bangun untuk menyambut tahun baru setiap kali kita melihat matahari terbit itu cukup keren," ujar Chari.

Maurer sangat ingin memulai beberapa eksperimen sains yang tiba di kendaraan kargo dan mengatakan itu akan menjadi awal yang baik untuk tahun baru.  Astronot telah menandai tradisi merayakan liburan di luar angkasa sejak hari-hari misi Apollo, ketika kru Apollo 8 secara terkenal membagikan pesan Malam Natal mereka dalam siaran langsung televisi pada tahun 1968 dengan bergiliran membaca Kitab Genesis dalam Alkitab.

Bagaimana liburan ini ditandai dan dirayakan terserah masing-masing kru, dan veteran ruang angkasa cenderung berbagi saran dan ide dengan pemula sebelum mereka naik, kata astronot NASA Dr. Andrew Morgan kepada CNN pada tahun 2020. Morgan menghabiskan seluruh musim liburan di stasiun luar angkasa pada 2019 bersama rekan kru Jessica Meir, Christina Koch, Alexander Skvortsov, Oleg Skripochka, dan Luca Parmitano, sebagaimana dikutip dari CNN, Sabtu (25/12/2021).
 

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Tegal di Google News

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.