get app
inews
Aa Read Next : Caleg M Masruri Kuasai Perolehan Suara PSU Kota Tegal

Imam Hidayat : Target Penyaluran Pembiayaan UMKM Tahun ini Rp12,5 Triliun

Senin, 20 Juni 2022 | 16:40 WIB
header img
Wali Kota Tegal, meminta Bank Syariah Indonesia (BSI) diminta untuk fokus melayani pembiayaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kota Tegal. (Foto: Zafran Arshaka)

KOTA TEGAL, iNews.id - RCEO BSI Region 7 Semarang, Imam Hidayat menyampaikan rasa syukur karena BSI telah menyelesaikan proses merger yang dimulai tahun 2021. BSI telah menyempurnakan proses merger pada 1 November 2021.

“Kami menyebutnya sebagai sebuah era dimana seluruh sistem sudah terkoneksi, terintergrasi dalam sebuah single system. Kami semuanya tiga bank, yakni BSM, BNI Syariah dan BRI Syariah sudah terintegrasi. Insya Allah apa yang sudah berjalan selama satu tahun lalu akan memberikan kemanfaatan dan layanan yang jauh lebih baik lagi dari kami kepada seluruh masyarakat maupun nasabah,” tutur Imam Hidayat, Senin (20/6/2022).

Usai merger, Imam Hidayat menyebut BSI harus memikirkan bagaimana bisnis perbankan syariah khususnya BSI agar semakin dikenal oleh masyarakat. Disebutkan Imam, BSI saat ini telah bekerja sama dengan Dewan Masjid Indonesia (DMI). 

Sedangkan tahun kedua, BSI melaksanakan penataan kantor cabang BSI. “Seperti yang dipahami, sebelum merger kami beriringan dimana ada BSM, BNI Syariah dan BRI Syariah berdampingan berseberangan tidak terjadi masalah. Tetapi setelah merger kami harus ditata. Kantor cabang kabupaten/kota yang titik kosong ditingkatkan inklusi BSI untuk dimanfaatkan masyarakat dalam mengakses produk, "paparnya.

Sedangkan dalam penyaluran pembiayaan UMKM di Kota Tegal disebutkan Imam Hidayat mengalami pertumbuhan hingga saat ini memiliki asset Rp 450 miliar. 

“Penyaluran pembiayaan UMKM target di tahun ini Rp. 12,5 triliun. Baru di akhir bulan Mei terealisasi Rp 4 triliun. Di regional Jateng dan DIY, Rp. 3 triliun untuk segmen UMKM dengan jumlah 22 ribu nasabah yang kami harus tingkatkan secara berkelanjutan. Jadi arahan untuk sinergi Rp. 7-8 triliun yang tersisa dapat memberi manfaat yang signifikan sektor UMKM di Kota Tegal,” harap Imam Hidayat.

Sementara itu, Kepala OJK Kota Tegal Novianto Utomo menyambut baik relokasi BSI Cabang Tegal KS Tubun.

"Kita berharap ekonomi keuangan syariah masih terus tumbuh dan memberikan manfaat bagi Kota Tegal, " ujar Novianto

Dalam kesempatan itu, BSI juga memberikan tali asih secara simbolis berupa wakaf Al Qur’an dan santunan yang diserahkan bersama-sama RCEO BSI Regional 7 Semarang dan Wali Kota Tegal. 

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Tegal di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut