get app
inews
Aa Read Next : Catat! 1 Juni Mendatang Film Mbutik Karya Sutradara Brebes Rizal Wimba Tayang di CGV Transmart Tegal

PHRI Brebes Sesalkan OPD Gelar Kegiatan di Hotel Luar Kota

Rabu, 22 Juni 2022 | 23:00 WIB
header img
Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Brebes, menyesalkan kebijakan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di jajaran Pemkab Brebes. (Foto: Petra Akbar)

BREBES, iNews.id -Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Brebes, menyesalkan kebijakan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di jajaran Pemkab Brebes. Saat Pemkab Brebes menekan para pelaku usaha perhotelan meningkatkan pajak, OPD malah menggelar kegiatan di sejumlah hotel di luar kota

Pemkab Brebes menekan para pelaku usaha perhotelan, untuk meningkatkan pendapatan pajak daerah dari sektor perhotelan. 

Di sisi lain, di Kabupaten Brebes saat ini telah banyak hotel dengan fasilitas yang memadai bagi kegiatan OPD di jajaran Pemkab Brebes. Bahkan, sudah ada hotel kelas bintang tiga. 

"Kemarin, Bapenda meminta kita untuk meningkatkan pendapatan pajak daerah. Tapi, dari segi kebijakan anggaran OPD di Pemkab Brebes, malah menyelenggarakan kegiatannya di hotel luar Brebes," kata Ketua Badan Pengurus Cabang (BPC) PHRI Brebes, Setya Teguh Yuwana, Rabu 22 Juni 2022.

"Saya jujur saja menyesalkan dan sangat protes atas kebijakan OPD ini," tandasnya. 

Atas kondisi tersebut, kata dia, pihaknya telah melayangkan surat kepada Sekda Brebes. Intinya, Pemkab Brebes juga diminta tidak menerapkan kebijakan yang justru bisa menjadi kendala dalam upaya peningkatan pajak daerah.

"Kalau seperti ini, kita ibarat sapi perahan. Pajak daerah dari hotel diminta dinaikan, tetapi Pemkab justru menggelar kegiatan di hotel luar kota," ungkapnya. 

Lebih lanjut dia mengatakan, saat ini fasilitas hotel yang ada di Brebes, tidak kalah dengan hotel di luar Brebes. Bahkan, sudah ada hotel bintang tiga.

Namun, kenyataannya hampir seluruh OPD melaksanakan kegiatannya di hotel luar kota. Dalam seminggu terakhir, ada beberapa OPD yang berkegiatan di hotel luar Brebes.

"Kalau alasannya tidak memakai hotel di Brebes karena harga atau lainnya, ini kan bisa dinegoisasikan," tegasnya. 

Sementara itu, Sekda Pemkab Brebes Djoko Gunawan mengatakan, pihaknya memang menerima keluhan tersebut, dan sudah diklarifikasi kepada OPD bersangkutan.

Ke depan berharap bersama-sama memberikan pelayanan maksimal. Artinya, PHRI juga diharapkan bisa bersaing dari sisi kualitas, pelayanan dan harga, sehingga apa yang dituangkan pada anggaran masing-masing OPD ratenya bisa masuk.

"Tadi kita juga sudah ada komunikasi dengan Ketua PHRI bersama perwakilan OPD, dan mudah-mudahan ada rumusan serta solusi terbaik. Kita memang berkomitmen memprioritaskan hotel dan akomodasi yang ada di Kabupaten Brebes," pungkasnya.

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Tegal di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut