get app
inews
Aa Read Next : Asik Nyabu, Kapolsek dan 4 Anggotanya Digrebek Dinihari

Waduh! Sindikat Joki SBMPTN Pasang Tarif Rp400 Juta, Begini Modusnya

Minggu, 17 Juli 2022 | 09:20 WIB
header img
sindikat Joki Ujian Tulis Berbasis Komputer-Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UTBK-SBMPTN) di Jawa Timur (Jatim), para pelaku memasang tarif Rp400 juta. (Foto: DOK.iNews.id)

SURABAYA, iNews.id - Waduh, sindikat Joki Ujian Tulis Berbasis Komputer-Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UTBK-SBMPTN) di Jawa Timur (Jatim), para pelaku memasang tarif Rp400 juta. Begini modus operandi yang dilakukan 8 orang pelaku yang kini sudah diamankan Polda Jawa Timur.

kata Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo, Sabtu (16/7/2022), mengatakan, kedelapan tersangka itu adalah, MJ, RHB, MSN, ASP, MBBS, MSME dan RF. Kelompok sindikat pelaku joki ini melakukan aksinya secara bersama-sama sesuai peran masing-masing. Mereka ada yang berperan sebagai joki, pembuat alat atau perangkai alat, tim briefing, tim operator dan tim master.

“Mekanisme atau sistem kerja yang dibangun oleh kelompok pertama MJ selaku koordinator sindikat menerima titipan peserta ujian SBMPTN, selanjutnya tim briefing mendatangi calon peserta untuk menjelaskan penggunaan alat-alatnya serta melakukan pemasangan perangkat di tubuh peserta,” ujar Dedi.

Menurut Dedi, di saat peserta mengikuti ujian langsung melakukan perannya memastikan kamera di tangannya dapat memotret soal untuk di-screenshoot oleh para operator. Nantinya, setelah di-screenshoot oleh operator kemudian dikirimkan ke tim master guna dikerjakan soalnya.

Setelah soal dikerjakan oleh master, hasilnya diserahkan jawabannya ke operator kembali untuk dibacakan melalui microfon yang dipakai para peserta.

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Tegal di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut