get app
inews
Aa Read Next : Catat! 1 Juni Mendatang Film Mbutik Karya Sutradara Brebes Rizal Wimba Tayang di CGV Transmart Tegal

6 Mata Uang Tertua di Indonesia, yang Banyak Diburu Kolektor Salah Satunya dari Cirebon

Minggu, 24 Juli 2022 | 09:19 WIB
header img
Enam mata uang tertua di Indonesia, yang banyak diburu kolektor salah satunya berasal dari Cirebon. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Enam mata uang tertua di Indonesia, yang banyak diburu kolektor salah satunya berasal dari Cirebon, yang merupakan daerah yang berbatasan dengan Brebes. Mata uang tertua di Indonesia rupanya bukanlah rupiah yang saat ini digunakan masyarakat.

Banyak orang yang tidak tahu bahwa mata uang di Indonesia sangat beragam. Bahkan keberadaan mata uang ini kini banyak sekali diburu oleh para kolektor.

Sebelum rupiah menjadi alat pembayaran yang sah di Indonesia, masyarakat telah menggunakan beberapa jenis mata uang sebagai alat pembayaran. Mata uang yang pertama kali digunakan dicetak pada masa Kerajaan Mataram. 

5 Mata Uang Tertua di Indonesia

Beberapa mata uang tertua di Indonesia yang digunakan untuk alat pembayaran sebelum adanya rupiah antara lain sebagai berikut:

6. Uang Picis

Uang Picis merupakan mata uang kerajaan Cirebon pada abad 15-16 Masehi. Kerajaan Cirebon yang berlokasi di pantai utara pulau Jawa merupakan perbatasan antara Jawa Tengah dan Jawa Barat. dan merupakan pangkalan penting dalam jalur perdagangan dan pelayaran antar pulau.

Sultan saat itu pernah mengedarkan mata uang yang pembuatannya dipercayakan kepada seorang Cina. Uang timah yang amat tipis dan mudah pecah ini berlubang segi empat atau bundar di tengahnya.

Uang koin jenis Picis ini dibuat sekitar abad ke-17. Di sekeliling lubang ada tulisan Cina atau tulisan berhuruf Latin yang berbunyi “CHERIBON”.

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Tegal di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut