get app
inews
Aa
Read Next : Rajut Silaturahmi PWI Kabupaten Tegal Gelar Halal Bi Halal

Sejarah Singkat dan Asal Usul Pemandian Air Panas Guci, Pemberian Nama Oleh Sunan Gunung Jati

Minggu, 24 Juli 2022 | 18:24 WIB
header img
Sejarah singkat dan asal usul penamaan pemandian air panas Guci yang berada di Kabupaten Tegal, penamaan guci sendiri diberikan oleh Sunan Gunung Jati. (Foto: Istimewa)

TEGAL, iNews.id - Sejarah singkat dan asal usul penamaan pemandian air panas Guci yang berada di Kabupaten Tegal, penamaan guci sendiri diberikan oleh Sunan Gunung Jati. Guci merupakan salah satu tempat yang ada di Kabupaten Tegal.

Letaknya yang berada di bawah kaki Gunung Slamat membuat tempat ini memiliki suasana yang cukup sejuk khas pegunungan. Sejarah Guci tidak lepas dari perkembangan sejarah penyebaran Islam yang dilakukan oleh para Wali.

Sejarah singkat dan asal usul penamaan pemandian air panas Guci kami kemas dari berbagai sumber. Berikut kisahnya.

Pada tahun 1767 ada seorang bangsawan dari Keraton Demak Bintoro, bernama Raden Aryo Wiryo yang merasa jenuh dengan keadaan dan kehidupan keraton. 

Pasalnya seringkali terjadi konflik perang saudara dan persaingan perebutan tahta di antara sesama saudara dalam lingkup keraton. Keadaan itu membuat Raden Aryo Wiryo merasa jenuh dan berniat meninggalkan keraton.

Akhirnya dia berangkat meninggalkan keraton dengan mengajak istrinya yang kemudian dikenal dengan Nyai Tumbu.

Selang beberapa tahun kemudian dia sempat mengabdi di Keraton Mataram pada zaman kejayaan Sultan Agung Hanyorokusumo kemudian dia sempat pula ditugaskan oleh Sultan Agung untuk berangkat ke Cirebon pada masa itu. 

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Tegal di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut