Bank Indonesia Janji Bangkitkan Kembali Bawang Putih Lokal di Tegal

Nino
.
Selasa, 02 Agustus 2022 | 16:50 WIB
Kabupaten Tegal pernah mengalami kejayan produksi bawang putih pada tahun 1980 an dan BI Perwakilan Jawa Tengah akan kembali membangitkan bawang putih di Jawa Tengah. (Foto: Istimewa)

SEMARANG, iNews.id -  Bank Indonesia berjanji akan membangkitkan kembali produksi bawang putih lokal di Tegal. Kabupaten Tegal sendiri pernah mengalami kejayan produksi bawang putih pada tahun 1980 an. Seiring perjalannya waktu keberadaan bawang putih makin merosot. Dengan kondisi tersebut, Bank Indonesia akan memembangkitkan kembali.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyambut baik rencana Bank Indonesia tersebut. Bawang putih menurut Ganjar hingga kini masih menjadi komoditas impor tertinggi. Padahal di Jawa Tengah terbukti memiliki sejarah kejayaan bawang putih pada masanya.

“Maka ketika presiden memerintahkan agar kita punya ketahanan pangan khususnya yang di bawang putih kita dorong, nah kita kerjasama dengan BI,” kata Ganjar usai menerima Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Tengah, Rahmat Dwisaputra di kantornya, Selasa (02/08/2022).

Dalam pertemuan , Ganjar diundang untuk meresmikan learning center bawang putih di Kabupaten Tegal. Pusat pendidikan ini dilatarbelakangi perjalanan panjang para petani di Kabupaten Tegal.

“Orang yang dulu sempat bisnisnya bangkrut, para petani kemudian kembali dan memulai lagi sekarang sudah terlihat hasilnya bagus,” kata Ganjar.

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini