Logo Network
Network

Berapa kali BBM Naik Saat Orde Baru hingga SBY, ini Rinciannya

Tim iNews.id
.
Sabtu, 10 September 2022 | 20:29 WIB
Berapa kali BBM Naik Saat Orde Baru hingga SBY, ini Rinciannya
Berapa kali BBM naik saat orde baru hingga SBY, ini rinciannya. (Foto: MPI)

JAKARTA, iNews.id - Berapa kali BBM naik saat orde baru hingga SBY, ini rinciannya. Ternyata sejak orde baru hingga SBY harga BBM naik 12 Kali, berikut rinciannya. Riwayat kenaikan harga BBM (Bahan Bakar Minyak) di Indonesia telah ditetapkan melalui diskusi panjang oleh pemerintah dari era Orde Baru hingga Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Pemerintah yang juga mensubsidi dan mengatur penjualan bahan bakar seperti bensin, solar (diesel), dan juga minyak tanah secara eceran melalui Pertamina. Hal ini terjadi sejak orde baru Hhngga SBY, untuk itu terjdi kenaikan sebanyak 12 kali.

Harga bahan bakar minyak merupakan instrumen positif bagi setiap negara. Energi tak terbarukan yang satu ini bak pelatuk yang bisa membuat semua harga-harga meningkat. Sebenarnya, kenaikan harga BBM sudah terjadi sejak zaman kepemimpinan Soeharto dan terus berlanjut hingga era Joko Widodo. 

Tercatat hanya era kepemimpinan Habibie yang tidak terjadi lonjakan harga BMM. Hampir setiap Presiden di Indonesia pernah mengambil keputusan untuk menaikkan harga BBM, dari ke tujuh orang yang menjabat sebagai Presiden RI, hanya seorang BJ Habibie yang tidak pernah menaikkan harga BBM dimasa ia menjabat. 

Follow Berita iNews Tegal di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini