get app
inews
Aa Read Next : Kemana Witan Sulaiman Setelah Resmi Dilepas Lechia Gdansk , Netizen: Persib atau Persija?

Ini Hasil Rekonstruksi Wajah Mumi Mesir Kuno yang Dilakukan Ilmuwan

Jum'at, 11 November 2022 | 13:46 WIB
header img
Ini hasil rekronstuksi wajah mumi Mesir kuno yang dilakukan ilmuan. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNewsTegal.id Ini hasil rekronstruksi wajah mumi Mesir kuno yang dilakukan ilmuwan. Wajah mumi hamil Mesir kuno pertama di dunia berhasil direkonstruksi oleh para ilmuwan forensik Universitas Warsawa, Polandia.

Mumi yang dikenal “Mysteriuos Lady” itu diyakini meninggal 2.000 tahun yang lalu saat usia kehamilan 28 minggu. Mumi tersebut dimiliki Universitas Warsawa dan disimpan di Museum Nasional di Warsawa sejak 1917. 

Para peniliti menggunakan tengkorak dan sisa-sisa lainnya untuk mendapatkan gambar yang paling mendekati saat masih hidup di abad pertama SM (Sebelum Masehi).

“Tulang dan tengkorak memberikan banyak informasi tentang wajah seseorang,” kata Chantal Milani, antropolog forensik Italia dan anggota Proyek Mummy Warsawa seperti dikutip dari Dailymail, Jumat (11/11/2022).

Meskipun tidak dapat dianggap sebagai potret yang tepat, tengkorak seperti banyak bagian anatomi lainnya memiliki bentuk yang unik dan menunjukkan serangkaian lekukan dan proporsi yang akan muncul di wajah.

“Wajah yang menutupi struktur tulang mengikuti aturan anatomi yang berbeda, sehingga prosedur standar dapat diterapkan untuk merekonstruksinya, misalnya untuk membentuk hidung. Elemen paling penting adalah rekonstruksi ketebalan jaringan lunak di banyak titik di permukaan tulang wajah. Untuk ini, kami memiliki data statistik berbagai populasi di seluruh dunia,” ucap Milani.

Sekadar informasi, “Mysterious Lady” ditemukan di makam kerajaan di Thebes, Mesir Hulu, yang berasal dari elit komunitas Theban. Mumi ditemukan pada awal 1800-an dan berasal dari abad pertama SM, saat Cleopatra menjadi Ratu dan kota Thebes menjadi pusat aktivitas.

Mumi itu dibawa keluar dari Mesir ke Warsawa pada Desember 1826, setelah beberapa penemuan terpenting dari Lembah Para Raja Mesir. Meski awalnya dianggap sebagai sisa-sisa pendeta Hor-Jehuti, pada 2016 diketahui bahwa itu seorang wanita yang dibalsem.

Tubuhnya telah dibungkus dengan sangat baik menggunakan kain dan juga dilengkapi dengan satu set jimat. “Mumifikasi adalah ekspresi dari perawatan yang diberikan untuk melestarikan seseorang di akhirat,” tulis Proyek Mummy Warsawa di Facebook.

Mumi itu diyakini sebagai spesimen pertama yang dibalsem yang sedang mengandung janin. Dua spesialis forensik, bersama peneliti dari Universitas Warsawa, mencari tahu mumi tersebut dengan menggunakan teknik 2D dan 3D untuk merekonstruksi wajahnya.

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Tegal di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut