Logo Network
Network

7 Jenis Kopi Khas Nusantara, Coffee Lovers Wajib Baca

Tim iNews.id
.
Jum'at, 25 November 2022 | 08:09 WIB
7 Jenis Kopi Khas Nusantara, Coffee Lovers Wajib Baca
Tujuh kopi khas Nusantara, Coffee Lovers Wajib baca. Foto: Istimewa.

JAKARTA, iNewsTegal.id - Tujuh kopi khas Nusantara, Coffee Lovers Wajib baca. Sedikitnya ada 39 varian kopi special terbaik di Nusantaa, untuk itu tidak heran jika Indonesia layak untuk dijuluki surganya kopi dunia.

Saat ini, Indonesia masih menduduki pengekspor kopi terbesar keempat di dunia setelah Brasil, Vietnam dan Kolombia. Kopi di Indonesia memang nikmat dan kualitasnya diakui dunia. Tiap daerah punya cita rasa kopi tersendiri.

Sejarah kopi di Indonesia juga dimulai karena pendudukan Belanda pada tahun 1696. Belanda awalnya membawa kopi jenis arabika dari Malabar, India, ke Pulau Jawa pada tahun itu, budidaya kopi pertama dilakukan oleh kompeni di Kedawung, sebuah daerah agrikultur dekat Batavia.

Lantas kopi dari daerah mana saja di Nusantara ini yang merupakan ciri khas Kopi Nusantara. Dikutip dari Okezone.com, Jumat (25/11/2022) berikut kopi khas Nusantara.

Kopi Khas Nusantara:

1. Kopi Papua Wamena

Dari bagian timur Indonesia, Ada Provinsi Papua khususnya Wamena, yang wilayahnya menghasilkan jenis kopi Arabika dengan aroma tajam dan cita rasa yang ringan. Dalam proses pembuatannya, para petani disana menggunakan sistem pengupasan basah atau semi washed, dimana mereka akan mengupas satu persatu kulit luar biji kopi dengan tangan mereka. Gak heran kopi ini menjadi langka dan juga berharga karena proses pembuatannya yang terbilang sangat lama.

Untuk rasanya, kopi ini hampir mirip dengan kopi Bali karena memiliki rasa floral, dimana ada nuansa harum coklat dan herbal ketika meminumnya. Aftertaste ‘smokey’ setelah meminumnya pun menjadi ciri khas dan keunikan tersendiri. Teksturnya yang lembut dan tidak berampas juga sangat ramah di mulut.

2. Kopi Toraja

Kopi Toraja atau dengan nama lain Celebes Kalossi, adalah kopi asal Sulawesi Selatan yang menjadi favorit masyarakat benua Eropa. Dengan aroma yang sangat khas dan harum, dan tingkat keasaman yang rendah, membuat jenis kopi ini banyak disukai oleh banyak orang.

Hal tersebut bisa terjadi karena kopi Toraja di tanam di area pegunungan Sesean dengan ketinggian mencapai 1400 hingga 2100 pdpl. Terlebih lagi pohon-pohon kopi disana ditanam berdampingan dengan aneka tanaman rempah, sehingga tak heran jika kopi Toraja memiliki aroma rasa yang wangi dan khas.

Selain itu kopi ini juga memiliki keunikan dari rasanya yang cenderung floral dan fruity. Adapun dengan rasa kopi yang kuat dan sedikit kecut, meninggalkan aftertaste yang sangat unik di lidah.

Follow Berita iNews Tegal di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini