get app
inews
Aa Read Next : Akibat Longsor, Penghubung Jalan Antar Desa di Kecamatan Larangan Putus

Longsor Akibatkan 2 Rumah Rusak di Brebes

Jum'at, 17 Desember 2021 | 03:15 WIB
header img
Bencana tanah longsor terjadi di Desa Karangapari Kecamatan Bantarkawung Kabupaten Brebes, Kamis sore (16/12/2021 (Foto: Ist)

BREBES, iNews.id - Bencana tanah longsor terjadi di Desa Karangapari Kecamatan Bantarkawung Kabupaten Brebes, Kamis sore (16/12/2021. Longsor terjadi setelah wilayah selatan Brebes diguyur hujan pada sore tadi. 

Anggota Banser Tanggap Bencana (Bagana) Brebes, Wasim yang juga warga Desa Karangapari melaporkan, sebelum bencana longsor terjadi, di desanya terjadi hujan dengan intensitas lebat.

"Setelah turun hujan, tiba tiba terjadi longsor setinggi 10 meter dengan panjang 12 meter, di RT 01 RW V Desa Karangapari," katanya.

Akibat longsor itu, lanjut Wasim, menyebabkan dapur 2 rumah milik warga rusak akibat tertimpa reruntuhan longsor. Beruntung saat kejadian tidak ada korban luka maupun korban jiwa.

"Longsor menimpa ruang dapur rumah milik Nuryanto dan Rusdi, ruangan dapurnya mengalami kerusakan parah karena ada yang ambruk," ungkap Wasim. 

BPBD Brebes dibantu relawan dan masyarakat kemudian melakukan pembersihan material longsor.

Kepala BPBD Brebes, Nushy Mansyur menghimbau kepada warga untuk tetap mewaspadai jika turun hujan, dikarenakan di daerah tersebut terdapat tebing tebing yang rawan longsor.

"Kami menghimbau pada warga untuk segera mengungsi jika terjadi hujan deras. Karena di daerah itu terdapat tebing-tebing yang rawan longsor. Apalagi sudah ada tanda-tanda dengan kondisi tanah di atas tebing yang retak dan kemiringan yang curam," pungkas Nushy.

 

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Tegal di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut