get app
inews
Aa Read Next : Diduga jual Obat Terlarang, Warung di Brebes Diusir Warga

Lahan Perhutani Seluas 1700 Hektar Kritis, Bupati Brebes Ajak Tanam Pohon Atasi Banjir dan Longsor

Rabu, 09 Februari 2022 | 17:22 WIB
header img
Pemkab Brebes bersama relawan dan masyarakat menanam pohon di petak 19 Resort Pemangkuan Hutan (Foto: Ist)

BREBES, iNews.id - Pemkab Brebes bersama relawan dan masyarakat menanam pohon di petak 19 Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Igirklanceng, Desa Dawuhan, Kecamatan Sirampog. Aksi tanam pohon tersebut sebagai upaya kongkret mengatasi longsor dan banjir yang kerap terjadi di daerah tersebut. Juga masih dalam rangkaian hari jadi ke-344 Kabupaten Brebes tahun 2022.

Bupati Brebes Idza Priyanti menyayangkan, pembangunan yang mengedepankan pertumbuhan ekonomi dengan pemanfaatan sumber daya alam secara berlebihan.  Sehingga eksploitasi sumber daya alam semakin meningkat sejalan dengan peningkatan jumlah penduduk dan kebutuhan manusia. Akibatnya pemanfaatan sumber daya alam secara berlebihan telah menyebabkan kondisi lingkungan kritis (rusak).

Seperti yang terjadi di kecamatan Sirampog. Kondisi eksisting areal perhutani di wilayah Dawuhan, Batursari, Igirklanceng dan sekitarnya rusak parah. Karena areal perhutani seluas 1.700 ha beralih fungsi menjadi tanah garapan masyarakat dengan tanaman kentang, sayur mayur, kubis dan lainnya. 

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Tegal di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut