get app
inews
Aa Read Next : Sederet Pantangan Masyarakat Jalawastu Brebes, Tak Boleh Makan Daging Hingga Bikin Rumah Tanpa Semen

Rotan Gila Permainan Tradisional Jalawastu

Minggu, 19 Desember 2021 | 12:18 WIB
header img
Tujuh orang (Jagabaya) Jalawastu tengah memainkan permainan Rotan Gila (Foto : Luthfan Azka )

BREBES, iNews.id - Heo Gelo atau Rotan Gila adalah permainan masyatakat Jalawastu, Desa Ciseureuh Kecamatan Ketanggungan Kabupaten Brebes, di mana 7 orang pemuda atau yang biasa disebut Jagabaya memegang rotan yang sudah diberi mantera oleh sang pawang.

Dengan diiringi musik dog-dog pemain Hoe Gelo mengendalikan rotan yang sudah diberi mantera tadi. Kekuatan rotan semakin menjadi-jadi ketika salah seorang peserta tidak mampu menguasai rotan. Di sinilah uniknya permainan ini, rotan akan menari dan meronta, sehingga ada pemain terjatuh maka permainan berakhir.

Karyono (25) Jagabaya Jalawastu mengatakan Hoe Gelo merupakan salah satu alat perekat masyarakat Jalawastu. Karena dalam permainan ini, selain untuk melatih fisik untuk menjaga kesehatan juga ditanamkan solidaritas sebagai bekal untuk menghadapi berbagai persoalan.

"Hoe Gelo sebuah permainan yang mengajarkan kita persatuan dan solidaritas, kalau kita bersatu maka semua rintangan akan teratasi. Begitu pun sebaliknya jika kita tidak bersatu maka kita akan mudah diadu domba dan tercerai berai," katanya (19/12/2021).

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Tegal di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut