Meresahkan Warga, Belasan Anak Jalanan di Brebes Diamankan Satpol PP

Luthan Azka
.
Senin, 03 Januari 2022 | 13:38 WIB
Belasan anak jalanan yang meresahkan warga Kabupaten Brebes (Foto: Ist)

BREBES, iNews.id - Belasan anak jalanan yang meresahkan warga Kabupaten Brebes, khususnya di wilayah perkotaan diamankan Satpol PP setempat, Senin (3/1/2021). Mereka diamankan oleh petugas Satpol PP saat sedang tidur di tempat persinggahannya. Saat diamankan, mereka sempat melakukan perlawanan dengan petugas. 

Kepala Satpol PP Brebes, Supriyadi mengatakan, sedikitnya ada 15 anak punk yang berhasil diamankan oleh petugas Satpol PP. Mereka berasal dari berbagai daerah, seperti Jakarta, Pemalang, Kendal, dan daerah lainnya. Saat ini anak jalanan dari luar daerah langsung diminta pulang. Sedangkan mereka yang merupakan warga Brebes masih diamankan di Satpol PP Brebes. 

"Hari ini kami menurunkan tim skala besar untuk menyisir anak jalanan yang berkeliaran di wilayah perkotaan Brebes. Hasilnya, ada 15 anak yang kita amankan. Mereka berasal dari Jakarta, Pemalang, Purbaligga, Kendal, Kabupaten Tegal dan Kabupaten Brebes. Bahkan, ada satu pasangan suami istri yang berhasil diamankan," kata Supriyadi. 

Dia menjelaskan, penyisiran keberadaan anak jalanan ini karena laporan dari masyarakat yang merasa resah dengan keberadaan mereka. Mereka biasanya sering kumpul di emperan toko atau roko serta mengamen di beberapa lampu merah yang berada di wilayah kota Brebes. Bahkan tak sedikit di antara mereka yang meminta-minta dengan cara memaksa. 

"Sudah banyak laporan ke kami terkait keresahan dengan adanya mereka. Sehingga, hari ini kami tindak dengan menyisir tempat persembunyiannya," tuturnya. 

Supriyadi menuturkan, setelah dilakukan pembinaan belasan anak jalanan tersebut langsung didata. Pihaknya akan berkordinasi dengan instansi terkait untuk kelanjutannya. Sedangkan anak jalanan yang merupakan warga Brebes, pihaknya berkoordinasi dengan orangtua serta pemerintah desa. Pemerintah desa diminta datang ke Satpol PP untuk menjemputnya. 

"Setelah dilakukan razia, kami akan kordinasi dengan instansi terkait, sehingga penanganannya tuntas. Kami juga sudah berkoordinasi dengan Dinsos agar bisa merehabilitasi mereka," tutur dia. 

Salah seorang anak jalanan yang berasal dari Jakarta yang diamankan oleh petugas, Franki menuturkan, dirinya singgah di Brebes setelah sebelumnya menghadiri pernikahan temannya di Jawa Timur. Dirinya singgah di Brebes untuk mencari modal pulang ke Jakarta. 

"Mau balik ke Jakarta, di sini singgah untuk mencari modal buat pulang ke Jakarta," pungkasnya.

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Tegal di Google News

Bagikan Artikel Ini