Logo Network
Network

Catat! 1 Juni Mendatang Film Mbutik Karya Sutradara Brebes Rizal Wimba Tayang di CGV Transmart Tegal

Petra Akbar
.
Selasa, 30 Mei 2023 | 20:55 WIB
Catat! 1 Juni Mendatang Film Mbutik Karya Sutradara Brebes Rizal Wimba Tayang di CGV Transmart Tegal
Produser Mbutik Rizal Wimba saat press konferen bersama para pemain "Mbutik". Foto: Petra Akbar

KOTA TEGAL, iNews.id - Gala premier film berjudul 'Mbutik' karya Sutradara asal Kabupaten Brebes, Rizal Wimba, berlangsung meriah di bioskop CGV Transmart Tegal, Senin (29/5/2023). 

Film yang banyak mendapat penghargaan internasional itu, mendapat apresiasi dari banyak pihak, dari sineas serta pejabat Pemkab Brebes.

Penghargaan yang pernah diterima antara lain 4th Dimensions Independent Film Festival, Lensfame International Film Festival, Swedish International Film Festival, dan pemenang film feature di India. 

Selanjutnya, film Mbutik akan ditayangkan untuk masyarakat luas di CGV Transmart Tegal, pada Kamis 1 Juni 2023, mendatang. 

Film berdurasi 90 menit itu merupakan film yang memotret kehidupan para petani bawang merah di Kabupaten Brebes. 

Kata mbutik sendiri adalah sebutan bagi perempuan yang bekerja membersihkan bawang merah setelah dipanen dan dijemur, atau sebelum dipasarkan. 

Sutradara, Rizal Wimba mengatakan, ide film Mbutik ini berawal dari kegelisahan dan kenangannya tentang era kemajuan bawang merah.

Saat ia SMA, bawang merah adalah penyumbang pertumbuhan ekonomi terbesar di Brebes. Setelah itu, ia bersama teman-teman menggarap film yang mengangkat kearifan lokal.

"Jadi apa yang ada di film ini berdasarkan yang dipikirkan saya dan teman-teman," katanya. 

Rizal mengatakan, artis dan talent dalam film ini asli warga Kabupaten Brebes. Film ini dibuat dengan persiapan yang lebih lama dari biasanya. 

"Film ini sangat mandiri, mulai dari teman-teman talent-nya dari Brebes. Film ini kami buat sebagai kontribusi anak-anak muda untuk Kabupaten Brebes," tandasnya.

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Tegal di Google News

Bagikan Artikel Ini