get app
inews
Aa Read Next : Dua Anggota Polres Tegal Kota, Sukses Jadi Peternak Sapi

70 Personil Polres Tegal Kota Pemegang Senpi Jalani Tes Psikologi

Rabu, 27 September 2023 | 03:38 WIB
header img
Puluhan anggota Polres Tegal Kota pemegang senpi jalani tes psikologi. (Foto: Nino/iNewsTegal.id)

KOTA TEGAL, iNews.id - Cegah penyalahgunaan senjata api (Senpi) dinas, Polres Tegal Kota menggelar tes psikologi bagi 70 anggota.

Kegiatan berlangsung di Ruang Bima Kampus Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan (PKTJ) Jalan Perintis Kemerdekaan Kota Tegal Selasa (26/9/2023).

Kegiatan tersebut diperuntukan bagi seluruh anggota Polri yang saat ini sudah memegang senjata api (Senpi) dinas. Dan juga bagi mereka yang akan atau mau mengajukan ijin memegang senjata api. Dengan tim penguji langsung dari Bagian Psikologi Biro Sumber Daya Manusia (SDM) Polda Jawa Tengah.

Tes tersebut merupakan langkah antisipasi untuk mencegah terjadinya pelanggaran bagi anggota Polri. Salah satunya menggunakan senjata api (senpi) dinas yang menyimpang dari aturan.

Kapolres Tegal Kota melalui Kepala Bagian Sumber Daya Manusia (Kabag SDM) Kompol Pujiningsih SH, MH menyebutkan, ada sebanyak 70 personel Polres Tegal Kota yang mengikuti tes psikologi hari ini. Tujuannya sebagai persyaratan kelayakan untuk mendapatkan ijin pengajuan inventaris senjata api dinas.

Kabag SDM Kompol Pujiningsih mengatakan, para peserta tes psikologi kali ini seluruh personel baik Perwira maupun Brigadir Polres Tegal Kota. "Kedepan, Polres Tegal Kota akan mengagendakan tes psikologi secara rutin setiap enam bulan sekali. Dengan tujuan untuk mencegah terjadinya pelanggaran terhadap penyalahgunaan senjata api. Dan menjadi tolak ukur kelayakan bagi anggota yang akan memegang senjata api dinas," terang Kompol Puji.

Kabang SDM menambahkan, sebelumnya pihaknya telah memberikan penilaian kepada para peserta tes. Yakni mengenai sikap dan perilaku dalam pelaksanaan tugas sehari-sehari.

Bagi anggota yang memiliki perilaku kurang disiplin atau punya tabiat yang kurang baik. Maka pihaknya tidak akan memberikan ijin kepada yang bersangkutan untuk mengikuti tes.

"Bagi mereka yang punya perilaku kurang disiplin dalam kedinasan, maka tidak kami ijinkan untuk memegang senjata api dinas," pungkasnya.

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Tegal di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut