get app
inews
Aa Read Next : KPU Kota Tegal Buka Lowongan Petugas PPK Pilkada 2024

Alih Profesi Guru Kimia Jadi Pengusaha Farmasi, Perempuan Ini Berharta Rp122 Triliun

Sabtu, 29 Januari 2022 | 18:39 WIB
header img
Alih profesi dari guru kimia jadi pengusaha farmasi, kini hartanya Rp122 triliun. Foto: Ilustrasi/Pixabay

BEIJING, iNews.id - Zhong Huijuan adalah seorang guru kimia sebelum menjadi salah satu miliarder perempuan terkaya di China. Berdasarkan data Forbes, harta miliarder yang kaya berkat usahanya sendiri itu sebesar 8,5 miliar dolar AS atau Rp122,1 triliun.  Zhong adalah pendiri, pemilik saham mayoritas, dan ketua perusahaan farmasi di China bernama Hansoh Pharmaceutical. Perusahaan ini memproduksi obat untuk penyakit sistem saraf pusat, kanker, infeksi dan diabetes, kardiovaskular dan lainnya. 

Mengutip CPP Luxury, Zhong lahir pada 1961, meraih gelar kimia dari Jiangsu Normal University dan mengajar mata pelajaran kimia di sebuah sekolah menengah di Lianyungang setelah lulus kuliah. Suaminya, Sun Piaoyang, bekerja di pabrik farmasi milik negara di kota yang sama. Pada 1995, Zhong memutuskan berhenti mengajar dan mendirikan Jiangsu Hansoh Pharmaceutical hanya dengan 10 karyawan. Perusahaannya tumbuh dengan cepat dan membukukan pendapatan 4,5 juta dolar AS pada 1997. 

"Alih Profesi dari Guru Kimia Jadi Pengusaha Farmasi, Perempuan Ini Berharta Rp122 Triliun ", Klik untuk baca: Perusahaannya kemudian meluncurkan pabrik pertama untuk formulasi oral pada 2000. 

Pada 2016, Hansoh mendapatkan pembiayaan dari Hillhouse Capital Group, salah satu perusahaan ekuitas swasta terkemuka di Asia. Sebelum go public, Hansoh mengumpulkan dana 344 juta dolar AS dari sembilan investor utama, termasuk dana kekayaan negara Singapura GIC dan perusahaan investasi China Boyu Capital. 

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Tegal di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut