get app
inews
Aa Read Next : 10 Negara dengan Polusi Terburuk di Dunia, Indonesia Salah Satunya

H+3 Idul Fitri Kendaraan Roda Dua Dominasi Arus Balik

Sabtu, 13 April 2024 | 14:13 WIB
header img
Kendaraan roda dua dominasi arus mudik yang melintas di Kota Tegal. (Foto: Nino/iNewsTegal.id)

KOTA TEGAL, iNews.id - Memasuki H+3 lebaran Idul Fitri 1445 H, arus balik yang melintasi Kota Tegal terpantau didominasi kendaraan roda dua. Hal tersebut dapat terlihat baik yang dari arah timur pada Pos Pemantauan Pasar Anyar dan dari arah selatan di Pos Pemantauan Kejambon.

Volume arus balik yang menuju Jawa Barat maupun Jakarta sudah mulai terlihat. Namun masih dalam batas normal belum ada peningkatan yang signifikan. Pada H+3 arus balik ini pengendara roda dua masih mendominasi. Sedangkan untuk kendaraan roda empat yang menuju ke arah Jakarta masih terlihat lengang.

Terpantau di lapangan para petugas pos-pos pengamanan secara rutin melaksanakan pengaturan. Hal tersebut untuk mengantisipasi terjadinya penumpukan arus lalu lintas.

Kapolres Tegal Kota AKBP Rully Thomas menyampaikan, situasi arus lalu lintas pada H+3 arus balik yang memasuki Kota Tegal belum terlihat adanya peningkatan. Namun pihaknya sudah menyiapkan 2 regu tim urai kemacetan dari Sat Samapta dan Sat Lantas. Hal ini untuk mengantisipasi apabila terjadi lonjakan kepadatan arus lalu lintas. Sehingga harapannya tidak sampai terjadi kemacetan di wilayah Kota Tegal.

"Hari ini kami lakukan pengecekan pada pos-pos yang berbatasan dengan wilayah Kabupaten Tegal. Mulai Pos Pasar Anyar, Pos Kejambon dan Pospam Rel KA Tirus. Hal ini untuk mengetahui situasi terkini arus lalu lintas pada H+3 lebaran Idul Fitri 1445 H," ungkap Kapolres saat monitoring situasi arus balik Sabtu (13/4/2024).

Kapolres juga mengingatkan kepada petugas pengamanan untuk memberikan pelayanan yang terbaik. Dengan melaksanakan patroli dan pengaturan arus lalu lintas untuk menghindari kemacetan. "Kepada personel pengamanan, saya minta dalam menjalankan tugas selalu bersikap humanis. Berikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat. Dan jangan lupa saling berkordinasi dengan pos yang lain serta tim urai kemacetan apabila terjadi lonjakan arus lalu lintas," terangnya.

Sementara itu Teguh Darmawan (29) seorang pemudik dari Purwodadi akan menuju ke Tangerang. Saat beristirahat di Pos Pasar Anyar mengucapkan rasa terimakasihnya kepada para petugas. Karena selama perjalanan baik saat mudik dan kali ini kembali ke Tangerang situasinya aman dan lancar. Kalau ada sedikit ketersendatan itu hanya akibat ramainya situasi masyarakat yang menikmati masa liburan atau situasi pasar yang ada di jalur mudik.

"Arus mudik Idul Fitri tahun ini sangat ramai. Tetapi dengan hadirnya petugas yang melakukan pengaturan, perjalanan mudik menjadi lancar," pungkas Teguh.

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Tegal di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut