get app
inews
Aa
Read Next : H+3 Idul Fitri Kendaraan Roda Dua Dominasi Arus Balik

10 Negara dengan Polusi Terburuk di Dunia, Indonesia Salah Satunya

Senin, 29 Agustus 2022 | 16:08 WIB
header img
Sepuluh negara dengan populasi terburuk di dunia, Indonesia salah satunya. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Sepuluh negara dengan populasi terburuk di dunia, Indonesia salah satunya. Ada 10 negara penghasil polusi terbesar di dunia, Indonesia termasuk salah satunya.

Polusi udara yang hingga saat ini menjadi kasus global yang masih terus berlanjut. Bahkan ada beberapa negara memiliki tingkat polusi yang sangat tinggi, sehingga mengancam kesehatan masyarakatnya.

Polusi bisa disebabkan oleh berbagai faktor. Mulai dari kendaraan roda dua, roda empat, bus, pembakaran sampah hingga asap limbah dari pabrik-pabrik yang berdiri. Kemudian terdapat 10 negara yang memiliki masalah tentang polusi.

Menurut laporan terbaru yang dirilis lembaga internasional yang berbasis di Washington DC, Open AQ dengan judul “Open Air Quality Data: The Global State of Play”, seorang ilmuwan atmosfer sekaligus pendiri OpenAQ, Dr Christa Hasenkopf menjelaskan, terkait dengan penelitian itu dilakukan dengan menguji 212 negara.

Ia juga mengatakan, pentingnya data kualitas udara sumber terbuka, dan dampak luar biasa dari aliran dana untuk polusi udara infrastruktur dapat mengatasi ketidaksetaraan udara dan meningkatkan hasil kesehatan.

Negara mana saja? berikut sepuluh di antaranya:

1. China

Pertama adalah China, menjadi negara yang menyumbang emisi gas rumah kaca dunia. Negara yang dijuluki Negeri Tirai Bambu ini menyumbang 26,1 persen emisi gas rumah kaca, kini berada di atmosfer Bumi.

Kemudian sektor terbesar yang menghasilkan emisi gas rumah kaca di China adalah listrik dan sektor perindustrian.

2. Amerika Serikat

Kedua adalah Amerika Serikat, sebagai negara penghasil emisi gas rumah kaca terbesar bumi dan jadi salah satu negara yang menghasilkan polusi tertinggi.

Amerika Serikat menyumbang 12,67 persen gas rumah kaca. Sektor penyumbang gas rumah kaca terbesar di AS ialah listrik dan transportasi.

3. Uni Eropa

Di peringkat ketiga adalah Uni Eropa, sebagai negara pelepas emisi gas rumah kaca terbesar di dunia dan menghasilkan polusi udara yang tinggi.

Uni Eropa menyumbang 7, 52 persen emisi gas rumah kaca global. Seperti AS, listrik dan transportasi menjadi sektor terbesar yang menghasilkan emisi gas rumah kaca.

4. India

India menjadi negara keempat penyumbang emisi gas rumah kaca global. Negara ini menyumbang 7,08 persen polusi yang mengancam keselamatan bumi.

Beberapa sektor terbesar yang menghasilkan gas rumah kaca di negara ini adalah listrik dan agrikultur.

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Tegal di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut