get app
inews
Aa Read Next : 4 Negara Paling Kotor di Dunia, ada Gunung Sampah 36.5 Meter

Hari Peduli Sampah, Masih Banyak Tumpukan Sampah di Perkotaan

Rabu, 23 Februari 2022 | 13:59 WIB
header img
Saat bertepatan dengan momen peringatan Hari Peduli Sampah, Senin, (21/02/2022)

BREBES, iNews.id - Saat bertepatan dengan momen peringatan Hari Peduli Sampah, Senin, (21/02/2022) kemarin. Momok sampah masih menjadi permasalahan serius di Kabupaten Brebes. 

Sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat tentang bijak mengolah sampah hingga lahirnya berbagai inovasi penanggulangan sampah padahal kerap di sosisasikan. 

Seperti tumpukan sampah liar yang ada di depan Kantor Cabang BRI Brebes atau sebelah barat Dinas Kesehatan setempat. Nampak, tumpukan sampah yang di buang oleh warga. 

Meskipun sudah terdapat himbauan dari dinas terkait, yaitu dengan memasang banner bertuliskan "Dilarang Membuang Sampah Sembarangan Di Sekitar Lokasi Sini" namun warga tetap saja membandel dengan membuang sampah sembarangan. 

Salah seorang warga yang melintas di sekitar lokasi, Satori, mengaku sering kali melihat pengendara motor yang membuang sampah sembarangan di lokasi tersebut. 

"Harusnya paling tidak petugas angkut sampah keliling dari pemerintah daerah bisa mengangkutnya. Masa sampahnya mau dibiarkan menumpuk begitu saja," keluhnya.

Menyikapi hal itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Pengolahan Sampah (DLHPS) Kabupaten Brebes, Laode Vindar Aris Nugroho, mengaku, instansinya akan melakukan pembersihan. Padahal dilokasi tersebut juga sudah dilakukan pemasangan himbauan agar tidak membuang sampah sembarangan.

"Termasuk di titik lokasi yang dilaporkan juga sudah kami pasang spanduk dilarang buang sampah di sini," ungkapnya saat dikonfirmasi. Selasa, (22/02/2022).

Padahal, lanjut Laode, setiap hari sampah tersebut juga di angkut, tapi keesokan hari pasti sudah ada lagi yang buang sampah di tempat yang sama. 

Selain itu, instansinya juga telah mengambil tindakan untuk dijaga selama 24 jam dengan Pembagian shift secara bergilir. 

"Saat dijaga memang tidak ada yang buang sampah. Tapi, kami juga akan berkoordinasi dengan BRI setempat yang ada CCTV disekitarnya. Ini supaya, untuk dapat memastikan oknum warga yang membuang sampah di lokasi tersebut sebagai bentuk efek jera agar tidak ada lagi sampah liar dimanapun," pungkasnya.

 

Editor : Miftahudin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut