get app
inews
Aa Read Next : OJK Guyub Bareng Media Se-Jawa Tengah dan DIY

Ratusan Masa SBBI Unjuk Rasa di PLN Tegal

Senin, 22 Juli 2024 | 12:07 WIB
header img
Ratusan masa SBBI lakukan unjuk rasa di PLN UP3 Tegal, mendapat pengawalan petugas Polres Tegal Kota. (Foto: Nino/iNewsTegal.id)

KOTA TEGAL, iNews.id - Siang ini ratusan masa yang tergabung dalam Serikat Buruh Billman Indonesia (SBBI) melakukan unjuk rasa di PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Tegal Jalan Pemuda Kota Tegal, Senin (22/7/2024).

Aksi yang dilaksankan oleh Serikat Buruh Billman Indonesia (SBBI) bertujuan menuntut sistem volume based yang diterapkan di buruh TAD Billman PLN UP 3 Tegal yang mengakibatkan gaji dari buruh Billman tidak sesuai UMK.

Aksi juga menuntut kepada vendor PT Citacontrac dalam kebijakan yang banyak merugikan buruh Billman. "Kami juga meminta PT PLN UP3 Tegal agar menfasilitasi audensi dengan vondor yang memperkerjakan buruh Billman serta memberi penjelasan terkait sistem volume based dari target sampai besaran poin poin item pengupahan," kata Pengurus SBBI Rokhim Nurudin disela unjuk rasa.

SBBI mengeluhkan terkait upah atau gaji kurang dari UMK, sistem kerja berubah rubah, tidak ada slip gaji, bekerja tidak memilik salinan SPK, intimidasi (pengunduran diri), aksi minta jalankan kebebasan berserikat (UU Nomor 21 Τahun 2021).

Pembayaran upah bulan Februari sampai Juni di rapel 8. Aksi juga menunrut untuk ganti vendor, menolak kepimpinan Site Manager sekarang. "Kami SBBI akan melakukan aksi sampai 3 hari ber turut-turut sampai dikabulkan tuntutan kami," tegas Rokhim.

Hingga aksi diberitakan sejumlah perwakilan dari masing-masing Rayon masih berlangsung mediasi secara tertutup di Kantor PT PLN UP3 Tegal.

Hadir dalam mediasi sejumlah perwakikan aksi, Manager PLN UP3 Tegal Adityia Darmawan, Disnakertrans Kota Tegal, Vendor PT Cita Contrac Aksa. Sementara aksi unjuk rasa SBBI berjalan dengan tertib, mendapat pengawalan dari jajaran Polres Tegal Kota.

Editor : Miftahudin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut