get app
inews
Aa Read Next : Pemerintah Menambah Alokasi Subsidi Pupuk Rp14 Triliun

Petani di Brebes Tolak Wacana Panja DPR Cabut Subsidi Pupuk

Jum'at, 18 Maret 2022 | 14:43 WIB
header img
Pencabutan subsidi pupuk yang saat ini dibahas Panitia Kerja (Foto: Ist)

BREBES, iNews.id - Pencabutan subsidi pupuk yang saat ini dibahas Panitia Kerja (Panja) Komisi IV di DPR, mendapat penolakan dari petani bahkan oleh distributor pupuk di daerah. Alasannya, pencabutan pupuk bersubsidi tersebut dinilai sangat merugikan petani.

Penolakan petani terhadap wacana pencabutan subsidi pupuk yang saat ini dibahas di DPR, seperti yang disampaikan oleh para petani di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah.

Petani menolak rencana pencabutan subsidi pupuk yakni pupuk organik, SP-36, dan Za itu karena selama ini digunakan untuk memperbaiki kondisi tanah yang sudah rusak akibat pupuk kimia.

Ketua Kelompok Tani (Poktan) Sumber Hasil Desa Pakijangan, Kecamatan Bulakamba, Kabupaten Brebes, Widodo, meminta wacana penghapusan tiga jenis pupuk tersebut agar dihentikan atau dibatalkan saja. 

"Selain pupuk SP-36 dan Za bisa memulihkan kondisi tanah yang rusak juga sangat dibutuhkan petani baik untuk memupuk tanaman padi atau bawang merah serta jenis tanaman lainnya," ujar Widodo, Jumat (18/3/2022)

Seorang distributor pupuk di Pantura Desa Kluwut, Kecamatan Bulakamba, Kabupaten Brebes, Susi, mengaku sudah mendengar jika Panja Komisi IV DPR sedang membahas rencana pencabutan subsidi pupuk organik, SP-36, Za.

Susi meminta subsidi pupuk organik, SP-36, dan Za tidak dicabut karena jika dicabut akan merugikan petani. "Apalagi baik harga padi maupun bawang merah di Kabupaten Brebes kerap tidak setabil dan cenderung murah," tutur Susi.

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Tegal di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut