get app
inews
Aa Read Next : Terseret Banjir Sungai Gung di Tegal, Dua Penambang Pasir Ditemukan Tewas

Saat Menambang Pasir, 1 Tewas 2 Luka Akibat Tertimbun Pasir

Rabu, 30 Maret 2022 | 19:50 WIB
header img
Anggota TNI Polri saat meninjau lokasi longsoran pasir (Foto: Petra Akbar)

BREBES, iNews.id - Tiga penambang pasir di Dukuh Riwan, Desa Traju, Kecamatan Bumijawa, Kabupaten Tegal tertimbun pasir saat beraktivitas di galian c, Selasa (29/3/2022). 

Kejadian tersebut mengakitkan 1 orang meninggal dan 2 lainnya mengalami luka.

Korban meninggal adalah Jamaludin Bin Torikin (25), warga Dukuh Riwan Desa Traju. Sedangkan korban luka - luka adalah Asep Lukmansyah Bin Supardi (22) dan Imam Hasanudin (28) warga Dukuh Riwan Desa Traju. Korban meninggal sempat dilarikan ke UGD Puskesmas Bumijawa, dan kini sudah dibawa ke rumah duka. Dua penambang yang luka masih menjalani perawatan di Puskesmas Bumijawa. 

Ketua PMI Kabupaten Tegal, Imam Sisworo mengatakan, kejadian berawal saat 6 penambang menggali pasir trass dan batu di tempat penggalian pasir tradisional di Dukuh Riwan Desa Traju dengan menggunakan cangkul dan linggis. Beberapa saat kemudian, tiba-tiba pasir trass setinggi 10 meter yang sedang digali longsor. 

"Material longsor itu langsung menimpa 3 orang tersebut. Untuk penambang lainnya, Slamet (58), Irpan (35) dan Rosidin (26) yang juga warga Dukuh Riwan, berada di dekat lokasi penambangan selamat dari longsoran tebing tras tersebut," ujarnya.

Ia menyebut, jaraknya antara ketiga korban dengan ketiga penambang lainnya sekitar 20 meter. Sehingga ketiga penambang lainnya selamat dari kejadian tersebut. Imam mengatakan, ia mendapatkan informasi tersebut dari Puskesmas Bumijawa dan langsung mengecek kondisi korban. Usai di lokasi, PMI juga membantu mengantarkan jenazah kerumahnya di Dukuh Riwan. 

“Ya begitu dapat laporan kami langsung cek lokasi penambangan bersama Polsek Bumijawa dan Koramil Bumijawa,” pungkasnya.

Editor : Miftahudin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut