get app
inews
Aa Read Next : Video Kejuaraan Balap Sepeda Open Turnamen Tingkat Nasional di Kota Tegal

Jamaah Haji Kota Tegal Tahun Ini Berjumlah 106 yang Diberangkatkan ke Baitullah

Rabu, 11 Mei 2022 | 14:53 WIB
header img
Kepala Kantor Kemenag Kota Tegal, Fathul Himam (Foto: Ist)

KOTA TEGAL, iNews.id - Jamaah haji Kota Tegal untuk tahun 2022 ini, menetapkan jumlah 106 orang yang akan diberangkatkan ke Baitullah. Diperbolehkannya pelaksanaan ibadah haji 1443 H/2022 setelah dua tahun tertunda lantaran pandemi Covid-19, tentu menjadi kabar gembira. 

Kepala Kantor Kemenag Kota Tegal, Fathul Himam mengatakan, Indonesia tahun ini mendapatkan alokasi sebanyak 100.051 jamaah haji. 

Kuota yang didapatkan Jawa Tengah jumlahnya adalah 13.776 jamaah haji. Lalu dari jatah di Jawa Tengah, kuota yang didapatkan oleh Kota Tegal sebanyak 106 jamaah haji. 

"Untuk kuota ini tidak menggunakan kuota kabupaten/kota, tetapi kuota Jawa Tengah. Sehingga semua kabupaten/kuota kurang lebih mendapatkan kuota 40 persen," ujarnya. Selasa (10/5/2022). 

Himam menjelaskan, total jamaah haji tertunda pada tahun 2020, semestinya berjumlah 210 jamaah. Tetapi kemudian kuota yang didapatkan berjumlah 106 jamaah haji. 

Jumlah tersebut juga sudah terkurangi dengan jamaah haji yang berusia di atas 65 tahun. 

"Salah satu persyaratan jamaah haji tahun ini adalah berusia di bawah 65 tahun. Syarat tersebut langsung dari Pemerintah Arab Saudi. Karena ibadah haji tahun ini, juga merupakan uji coba setelah dua tahun vakum karena pandemi Covid-19," jelasnya. 

Pemberangkatan untuk kloter awal jamaah haji Indonesia, lanjut Himam, dimulai, pada Jumat 3 Juni 2022. Lalu gelombang kedua terakhir diberangkatkan, pada Minggu 3 Juli 2022. 

Sementara untuk pemberangkatan jamaah haji dari Kota Tegal, masih menunggu jadwal pasti dari pusat. 

"Sampai sekarang kami masih menunggu jadwal pastinya. Tapi sudah kami sampaikan kepada kantor wilayah agar jamaah dari Kota Tegal tetap satu kloter," ungkapnya. 

Himam berpesan, para calon jamaah haji agar tetap menjaga kesehatan. Jangan melakukan kegiatan yang memporsir atau membahayakan kesehatan. 

Lalu teruslah berzikir dan memohon kepada Allah agar pemberangkatan haji lancar tanpa ada kendala. Kemudian mintalah doa restu kepada handai tolan dan kedua orang tua agar lancar dan pulang menjadi haji yang mabrur. 

"Terakhir, teruslah membaca manasiqul haj, tata cara dan hafalan doa-doa haji. Karena masih ada waktu untuk memperdalamnya," pungkasnya.
 

Editor : Miftahudin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut