get app
inews
Aa Read Next : Video DPKH Brebes Cek Kesehatan Ternak, Pastikan Hewan Qurban Terbebas PMK

Dinas Peternakan Brebes Razia Pasar Hewan, 6 Sapi Diduga Terjangkit PMK 

Sabtu, 14 Mei 2022 | 12:21 WIB
header img
Petugas DPKH saat gelar razia di Pasar Hewan Bumiayu (Foto: Petra Akbar)

Sapi yang terindikasi terjangkit PMK merupakan sapi Madura yang dibawa oleh pedagang asal Banjarnegara. Usai diperiksa dan dinyatakan terindikasi PMK, sapi sapi itu langsung dikembalikan ke daerah asal.

"Salah seorang pedagang dari Banjarnegara bawa belasan ekor sapi asal Madura. Setelah diperiksa ternyata ada 6 yang diindikasikan PMK. Maka dari itu langsung saya perintahkan untuk dibawa pulang," tuturnya.

Pihaknya meminta, agar dinas terkait di Banjarnegara melakukan pemeriksaan lebih lanjut terhadap enam sapi itu untuk memastikan jenis penyakit tersebut. 

"Untuk memaatikan PMK atau bukan memang harus melalui pemeriksaan lab. Tapi kami di sini menyimpulkan enam sapi itu terindikasi kuat kena PMK berdasarkan hasil pemeriksaan fisik," tegasnya.

Meski tidak memular ke manusia, penyakit mulut dan kuku (PMK) ini cukup berbahaya karena penyebarannya sangat cepat dan mematikan bagi sapi yang terjangkit. 

"Agar terhindar dari penularan PMK, Ismu meminta agar peternak menjalankan program Sanak Sekandang (sehat ternak sehat kandang) yang merupakan program dari DPKH Brebes untuk para peternak," pungkasnya.

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Tegal di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut