Waspada 4 Penyakit Serius yang Sering Timbul Usai Lebaran

Siska Permata Sari
.
Sabtu, 14 Mei 2022 | 17:46 WIB
Waspada 4 penyakit yang timbul usai lebaran (Foto: Indiatimes)

JAKARTA, iNews.id - Usai Lebaran, ada deretan penyakit serius yang harus diwaspadai. Apalagi jika memiliki riwayat pantangan terhadap makanan tertentu.

Hari Raya Idul Fitri menjadi momen hangat yang menyenangkan untuk berkumpul bersama keluarga. Selain momen silaturahmi, perayaan ini juga identik dengan hidangan-hidangan lezat khas Lebaran.

Makanan-makanan khas Lebaran di antaranya saja opor ayam, rendang, sayur labu, sambal hati, hingga kue-kue kering yang manis. Mulai dari nastar, kue putri salju, kastengel, dan banyak lagi.

Sayangnya, jika momentum Lebaran ini digunakan untuk makan-makan secara tidak bijak, bisa memicu penyakit lho! Apa saja sih? Berikut penyakit serius yang sering terjadi pasca Lebaran, seperti dirangkum pada Sabtu (14/5/2022).

1. Kolesterol tinggi

Penyakit serius yang sering terjadi pasca Lebaran yakni kolesterol tinggi. Kadar kolesterol tinggi dapat terjadi bila Anda mengonsumsi makanan-makanan berlemak secara berlebihan. Apalagi bila pola makan makanan berlemak ini terjadi sejak bulan Ramadan. 

Anda perlu waspada bila mengalami gejala kolesterol tinggi seperti mudah lelah, nyeri dada, kaki dan tangan mudah kesemutan, sakit pada rahang, hingga timbulnya xanthoma atau kondisi pertumbuhan lemak di bawah kulit.

Halaman : 1 2 3
Bagikan Artikel Ini