5 Tips Bijak Menggunakan Kartu Kredit agar Tidak Boros

Shelma Rachmahyanti
.
Sabtu, 14 Mei 2022 | 18:11 WIB
Kartu Kredit (Foto: doc okezone)

JAKARTA, iNews.id – Penggunaan kartu kredit dengan bijak sangat diperlukan dalam mengelola keuangan. Berikut ada beberapa tips dalam menggunakan kartu kredit supaya tidak boros.

Mengutip laman OJK, kartu kredit adalah kartu yang dikeluarkan oleh pihak bank atau lembaga keuangan sejenis. Kartu ini memberikan fasilitas kepada pemegang kartu untuk melakukan transaksi pembayaran tanpa menggunakan uang tunai.

Sebagai alat pembayaran, kartu kredit bisa digunakan saat belanja di mal, membayar biaya rumah sakit, hingga menarik tunai di mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM). Kartu kredit juga memiliki fungsi untuk membayar tagihan dari rekening rumah tangga, seperti PDAM, tagihan telkom, listrik, dan lainnya. 

Selain itu, kartu kredit juga berfungsi sebagai persiapan atau cadangan keuangan. Karena fasilitas dan kemudahan yang ditawarkan kartu kredit, kamu perlu berhati-hati dalam menggunakankannya supaya tidak boros atau terlilit utang. 

Pasalnya, biaya yang dikeluarkan pada setiap transaksi menggunakan kartu kredit akan dicatat oleh pihak bank sebagai utang (kredit) dan harus dilunasi pada bulan berikutnya.

Nah, berikut ini, tips menggunakan kartu kredit dengan bijak supaya tidak boros, dikutip dari beberapa sumber:

1. Pilih kartu kredit sesuai dengan kebutuhan.

2. Limit kartu kredit sesuaikan dengan penghasilan.

3. Teliti sebelum transaksi (jangan tergiur dengan berbagai penawaran yang ada seperti diskon besar hingga cashback).

4. Lakukan pembayaran tepat waktu setiap saat.

5. Periksa laporan keuangan. 

Editor : Miftahudin
Bagikan Artikel Ini