get app
inews
Aa Read Next : Banjir Rendam 450 Rumah di Kota Tegal, 182 Warga Mengungsi

Waspadai Bencana Hidrometeorologi, Berikut Prakira Cuaca Menurut BMKG

Minggu, 22 Mei 2022 | 22:18 WIB
header img
BMKG mengimbau masyarakat agar tetap waspada terhadap potensi cuaca ekstrem pada sepekan ke depan yang berpotensi menimbulkan bencana hidrometeorologi. (ilustrasi/Ant).

 

SEMARANG, iNews.id - Waspada cuaca ekstrem selama sepekan kedepan, BMKG imbau masyarakat agar tetap waspada, khususnya bagi yang bermukim di wilayah rawan bencana hidrometeorologi. Pasalnya, cuaca ekstrem yang menerpa berpotensi menimbulkan bencana hidrometeorologi berupa banjir, banjir bandang, tanah longsor, angin kencang, dan puting beliung

Berdasarkan hasil analisis dinamika atmosfer, terdapat sirkulasi siklonik di perairan barat Kalimantan mengakibatkan adanya pola belokan dan perlambatan angin di wilayah Jawa Tengah

“Selain itu anomali suhu muka laut di Samudera Hindia selatan Jawa dan laut Jawa yang dapat meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di beberapa wilayah,” kata Kepala Stasiun Meteorologi Ahmad Yani Semarang Sutikno dalam siaran pers, Minggu (22/5/2022). 

“Kelembaban udara yang relatif cukup tinggi turut berkontribusi terhadap pembentukan awan hujan di sebagian wilayah Indonesia,” katanya.  

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Tegal di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut