get app
inews
Aa
Read Next : Caleg M Masruri Kuasai Perolehan Suara PSU Kota Tegal

Innalillahi Wainnailaihi Rojiun, Presiden Penyair Tegal Dwi Ery Santoso Meninggal Dunia

Kamis, 26 Mei 2022 | 09:02 WIB
header img
Presiden Penyair Tegal Dwi Ery Santoso Meninggal Dunia (Foto: Istimewa)

KOTA TEGAL, iNews.id - Dwi Ery Santoso (65), yang dikenal sebagai Presiden Penyair Tegalan mengembuskan nafas terakhirnya pada Rabu (25/5/2022) sekira pukul 02.32 WIB. 

Almarhum sebelumnya menjalani perawatan di RSUD kardinah, Kota Tegal, Jawa Tengah.

Meninggalnya Ery, tentu saja membuat kaget rekan-rekan sesama seniman yang ada di Kota Bahari tersebut. Sebab, Ery diketahui sehari sebelumnya, Selasa (24/5/2022) masih terlihat pada shalat Maghrib di Masjid KH. Abdullah Asy’ari di Jalan Waringin, Kota Tegal.

Nampak kolega berdatangan untuk bertakziah di rumah Almarhum. Para pejabat daerah dan tokoh masyarakat turut hadir mendoakan almarhum.

Setelah disalati, almarhum Eri dimakamkan di Pemakaman Panggung Kota Tegal, yang lokasi pemakamannya sebelah barat makam Mbah Sayyid Abdurrahman yang lebih dikenal sebagai makamnya Mbah Panggung Tegal.

Mas Nursidik yang dikenal dengan julukan Sengsong, mengaku merasa kehilangan tokoh seniman, yang pada akhir hayatnya menjadi muazin, dan merupakan teman ngopi bareng di masjid.

"Banyak yang meyaksikan Almarhum Dwi Ery Santoso selain suka membaca puisi ternyata punya catatan doa untuk menyembuhkan orang sakit perut," tutur Sengsong.

Budayawan Pantura Atmo Tan Sidik menyebut Almarhum pernah menjadi kepala sekolah, aktif di kegiatan pramuka, aktif di kegiatan organisasi Pemuda Pancasila. Almarhum juga juga dipercaya menjadi Komite Sastra di Dewan Kesenian Kota Tegal, dan jadi tenaga pelatih teater.

"Beliau juga meninggalkan buku-buku karya sastra yang judulnya antara lain; Nelayan-Nelayan Kecil, Muara Bercahaya, dan Brug Abang yang menjadi bahan kajian ilmiah, bahkan masuk juara 10 besar penghargaan Kemendikbud Jakarta," terang Atmo Tan Sidik mengenang almarhum.

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Tegal di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut