get app
inews
Aa Read Next : Menhub Prediksi Puncak Arus Mudik Terjadi Malam Ini

Upayakan Transportasi Swakemudi, Kemenhub RI Ungkap Masih Tahap Kajian

Minggu, 29 Mei 2022 | 22:00 WIB
header img
Menhub Budi Karya Sumadi. (Foto: Ist) 

YOGYAKARTA, iNews.id - Kemenhub RI akan upayakan pengembangan moda transportasi umum berbasis swakemudi atau otonom. Akan tetapi, transportasi tanpa pengemudi ini masih dalam tahap konsep kajian.

"Kami akan membuat suatu konsep, nanti akan ketemu equilibriumnya kapan kita akan melakukan (pengembangan transportasi berteknologi swakemudi)," kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di Terminal Giwangan, Kota Yogyakarta, Minggu (29/5/2022).

Menurut Budi, pengembangan autonomous vehicle (AV) atau kendaraan tanpa sopir di Indonesia menjadi harapan di masa mendatang. Namun untuk merealisasikannya butuh teknologi dan kajian yang panjang.  

"Satu keniscayaan bahwa autonomous itu menjadi harapan masa depan tapi di lain sisi kita butuh lapangan pekerjaan," ujar dia.

Sebelumnya, keinginan mengoperasikan kendaraan otonom pernah disampaikan Presiden Joko Widodo, saat menghadiri acara Pertemuan Tahunan Industri Jasa Keuangan Tahun 2020 di Grand Ballroom, Hotel Ritz Carlton, Pacific Place, Jakarta, 16 Januari 2020. 

Editor : Miftahudin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut