get app
inews
Aa Read Next : Diskusi Percepatan Vaksinasi, Siswa Sespimma Gelar FGD dengan Pemkab Brebes

Belum Ditemukan Hepatitis dan Cacar Monyet di Brebes, Masyarakat Diminta Tetap Waspada

Senin, 06 Juni 2022 | 10:14 WIB
header img
Imam Budi Santoso saat memneri keterangan terkait Monkeypox dan Hepatitis. (Foto: Petra Akbar)

BREBES, iNews.id - Meski belum ditemukannya penyebaran  Virus Cacar Monyet atau Monkeypox dan Hepatitis di Kabupaten Brebes, namun Dinas Kesehatan (Dinkes) Brebes meminta masyarakat untuk tetap waspada dan menerapkan hidup sehat.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Brebes melalui Kabid Pencregahan dan Pengendalian Penyakit Menular Imam Budi Santoso mengatakan, sampai hari ini Dinkes Brebes selalu memonitor 38 Puskesnas dan 14 rumah sakit memang belum terdeteksi adanya penyebaran penyakit Hepatitis dan Cacar Monyet atau Monkeypox. Tentunya kita juga berharap jagan sampai ada kasus penyakit tersebut.

"Untuk langkah pencegahannya memang kita perlu kerja bareng, bukan hanya Dinkes saja melainkan dari masayarakat sendiri. Karena memang penyebaran penyakit tersebut bisa dicegah dengan masyarakat yang melakukan pola hidup sehat terlebih dahulu," ujarnya saat ditemui, Senin (06/06/2022).

Selain itu, lanjut Imam, ketika ada pada keluarga kita yang mengalami gejalanya seperti demam, ruam di muka, dan sakit kuning, apalagi penyakit yang selama ini tidak pernah dirasa kami harapkan masyarakat segera memeriksakan ke dokter terdekat. Hal itu bertujuan untuk mengetahui lebih lanjut gejala tersebut merupakan hepatitis dan Monkeypox atau bukan.

"Dengan periksa ke dokter maka kita lebih bisa sedini mungkin untuk tindakan lebih lanjut. Masyarakat juga tidak perlu takut, karena sekarang eranya di pandemi yang hampir berahir. Yang terpenting sekali lagi jangan lupa untuk melakukan pola hidup sehat," tandasnya.

Editor : Miftahudin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut