get app
inews
Aa Read Next : Catat! 1 Juni Mendatang Film Mbutik Karya Sutradara Brebes Rizal Wimba Tayang di CGV Transmart Tegal

Nikmati Sensasi Memetik Buah Anggur di Kebunnya, Penasaran? di Sini Tempatnya

Minggu, 12 Juni 2022 | 23:25 WIB
header img
Begini sensasi memetik buah anggur dari pohonnya, penasaran ayo datang ke Brebes. (Foto: Petra Akbar)

BREBES, iNews.id - Mengisi hari libur bersama keluarga bisa berbagai cara, salah satunya adalah datang ke kebun untuk menikmati suasana alam yang sejuk, terlebih Kecamatan Salem adalah salah satu wilayah di Kabupaten Brebes yang berada di wilayah selatan. Wilayah ini diapit pegunungan, alamnya berhawa sejuk dan cocok untuk budidaya anggur. 

Ada beberapa destinasi wisata di Kecamatan Salem. Salah satunya wisata kebun buah anggur yang berada di Desa Bentar Kecamatan Salem.

Wisata petik anggur di Kebun Anggur Just Grape Citata, Kecamatan Salem, Kabupaten Brebes, menawarkan sensasi tersendiri kepada para pengunjung untuk bisa memetik langsung buah anggur.

Iwan, warga Desa Bentar ini mengatakan, kalau kebun anggur miliknya ini dibangun di atas tanah seluas seribu meter persegi, dan sudah tertanam sedikitnya 100 pohon anggur yang terdiri dari 40 jenis anggur import.

"Ada berbagai macam, seperti jenis B2, Gosfie, Ninel, Transfigurasi, Black Magic, dan sebagainya. Semua jenis anggur ini tidak mengenal musim berbuah dan bisa dipanen kapan saja," katanya, Minggu (12/06/2022).

Kebun anggur ini sudah ada sejak satu setengah tahun lalu dan boleh dikunjungi masyarakat tanpa dipungut biaya atau tiket masuk. Namun pengunjung dilarang memetik buah anggur tanpa seizin pengelola.

Di kebun ini, pengunjung boleh belajar cara menanam pohon anggur yang tepat dan benar.

"Kalau berkunjung ke sini gratis. Pengunjung juga bisa belajar bareng bagaimana cara budidaya anggur yang benar. Kita belajar sama-sama," ungkapnya.

Jika pohon itu berbuah serempak, pengunjung boleh membeli anggur dengan memilih jenis yang disukai dan memetik kemudian ditimbang.

"Untuk satu kilogram, pengelola membanderol Rp100 ribu untuk semua jenis anggur," katanya.

Kebun anggur milik Iwan juga menyediakan bibit anggur berbagai jenis anggur lokal maupun anggur impor.

"Harga satu bibit anggur import sekitar Rp125 ribu dan untuk bibit anggur lokal hanya Rp20 ribu per batang," tandasnya.

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Tegal di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut