get app
inews
Aa Read Next : Ini Isi Pesan Terakhir Korban Dukun Penggadaan Uang di Banjarnegara

Siswa SMK di Banjarnegara ini Sulap Motor Bekas Jadi Berteknologi Listrik

Selasa, 14 Juni 2022 | 13:44 WIB
header img
Motor listrik yang mampu melaju dengan kecepatan rata-rata 60 kilometer per jam, ini ternyata hasil karya sejumlah siswa SMK di Kabupaten Banjarnegara. Siswa SMK ini merubah sepeda motor bekas dalam kondisi mati total menjadi motor berteknologi listrik. (Foto: Dok.iNews.id)

BANJARNEGARA, iNews.id - Motor listrik yang mampu melaju dengan kecepatan rata-rata 60 kilometer per jam, ini ternyata hasil karya sejumlah siswa SMK di Kabupaten Banjarnegara. Siswa SMK ini merubah sepeda motor bekas dalam kondisi mati total menjadi motor berteknologi listrik. 

Para siswa kreatif ini berasal dari SMK Negeri 2 Bawang, Banjarnegara. Mereka memanfaatkan limbah motor rusak yang disulap menjadi motor listrik. 

“Latar belakang ide pembuatan setelah melihat harga bahan bakar minyak (BBM) yang terus naik, dan munculnya teknologi peralihan ke komponen listrik pada sejumlah kendaraan,” kata salah satu siswa SMKN 2 Bawang, Wahyu, Selasa (14/6/2022). 

Pengerjaan diawali dengan mencopot komponen mesin BBM, kemudian diganti dengan perangkat elektronik dinamo 1.000 watt, baterai jenis lithium 60 volt, dan instalasi pengisian listrik. 

Para siswa juga menyambungkan instalasi elektronik motor dengan smartphone, sehingga bisa menjadi indikator tampilan dan kontrol pengisian baterai. 

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Tegal di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut