JAKARTA, iNews.id - Kiat sukses saat wawancara kerja, simak sepuluh tips agar diterima. Sebelum melamar pekerjaan, ada beberapa tips sukses wawancara kerja yang bisa Anda terapkan agar bisa berjalan dengan baik.
Wawancara kerja merupakan hal yang terkadang menjadi momok tersendiri bagi para pencari kerja. Pasalnya, para pelamar tidak mengetahui pertanyaan apakah yang akan diajukan oleh rekruter dari perusahaan yang mereka lamar. Namun, Anda sebagai pelamar bisa melakukan persiapan untuk menghadapi wawancara kerja tersebut melalui beberapa cara.
Berikut tips saat menghadapi wawancara kerja yang dikutip dari berbagai sumber:
10. Mengucapkan Terima Kasih
Tips sukses wawancara kerja yang terakhir adalah dengan mengucapkan terima kasih kepada perekrut setelah selesai wawancara. Walaupun sepele, namun ucapan tersebut pasti akan dianggap baik oleh orang lain.
9. Bersikap Ramah dan Sopan
Bersikap ramahlah baik saat memasuki ruangan maupun setelah selesai wawancara. Anda akan dinilai baik jika Anda bersikap ramah dan sopan terhadap lingkungan yang baru Anda kunjungi.
8. Mengajukan Pertanyaan
Selain mendapatkan pertanyaan, Anda juga bisa memberikan pertanyaan kepada perekrut. Jika Anda merasa kurang jelas dengan pernyataan yang diberikan, tidak ada salahnya untuk menanyakannya kembali agar Anda tidak bingung.
7. Melatih Cara Menjawab Pertanyaan
Untuk menjawab pertanyaan, Anda harus menjawabnya dengan tegas dan jelas. Anda tidak boleh bertele-tele saat memberikan jawaban kepada rekruter.
Hal ini dikarenakan waktu dari wawancara kerja tidak banyak dan terbatas. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk melatih cara menjawab pertanyaan dengan baik dan benar.
6. Memakai Pakaian Rapi
Pakaian juga penting untuk diperhatikan saat menghadiri wawancara kerja. Dengan menggunakan pakaian yang rapi dan sopan, Anda akan dianggap memiliki sopan santun dan itikad yang baik untuk mengikuti wawancara tersebut di mata rekruter.
5. Datang Sebelum Waktu yang Ditetapkan
Anda bisa datang sebelum waktu yang sudah ditentukan. Hal ini berguna untuk mempersiapkan diri dengan lebih baik sebelum masuk ke ruang wawancara.
Persiapkan diri dengan maksimal dan tenangkan diri Anda agar wawancara kerja tersebut bisa berjalan dengan baik.
4. Menenangkan Diri
Penting bagi Anda untuk selalu berada dalam keadaan tenang. Jika Anda merasa tidak tenang, sediakan waktu untuk menenangkan diri Anda sebelum memasuki ruang wawancara. Atau, Anda juga bisa meminta kepada rekruter agar memberikan waktu sebentar untuk menenangkan diri terlebih dahulu.
Jika Anda merasa gelisah, Anda tentu tidak akan bisa berpikir jernih dan menjawab pertanyaan dengan tidak jelas.
3. Menyiapkan Diri untuk Pertanyaan Umum
Selain pertanyaan seputar perusahaan dan posisi yang Anda lamar, persiapkan diri Anda untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan umum. Pertanyaan seperti “Ceritakan tentang diri Anda” atau hal di luar pengetahuan tentang perusahaan penting untuk Anda persiapkan agar tidak gugup saat melakukan wawancara kerja.
2. Mencari Tahu Latar Belakang Perusahaan
Sebelum menjalani wawancara, ada baiknya jika Anda melakukan riset terlebih dahulu terhadap latar belakang perusahaan maupun posisi yang Anda lamar. Hal ini penting untuk dilakukan untuk melihat seberapa paham Anda terhadap posisi yang Anda lamar, maupun perusahaan yang menjadi tujuan Anda.
1. Melatih Cara Berbicara
Agar tidak terbata-bata saat menjawab pertanyaan maupun menjelaskan tentang diri Anda, melatih cara berbicara bisa menjadi hal yang Anda perhatikan terlebih dahulu.
Anda bisa berlatih dengan berbicara di depan cermin atau berbicara sendiri. Meski terdengar aneh, hal ini cukup umum digunakan untuk melatih Anda dalam kelancaran berbicara. Anda juga bisa melakukan latihan bersama kerabat maupun saudara Anda guna untuk menambah kepercayaan diri saat melakukan wawancara.
Itulah 10 tips sukses wawancara kerja penuh persiapan yang bisa Anda lakukan dan terapkan.
Editor : Miftahudin
Artikel Terkait